//

PERUBAHAN POLA HIDUP SEHARI-HARI MAHASISWA PERANTAU ASAL ACEH JAYA DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lovi Olivia Puspita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mahasiswa adalah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Dalam tahap perkembangannya, mahasiswa digolongkan sebagai remaja akhir. Remaja yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di luar. Remaja tersebut dinakaman sebagai Mahasiswa perantauan yaitu mahasiswa yang menlanjutkan perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta ke luar daerah wilayah asal. Sebagai Mahasiswa perantau dituntut untuk membiasakan diri dengan keadaan/lingkungan baru. Perubahan kondisi ini berdampak pada berbagai hal, perubahan-perubahan Pola hidup yang terjadi pada mahasiswa perantau antaralain seperti pola pikir, pola perilaku, pola makan, pola tidur, pergaulan, dan perubahan budaya dan bahasa. Dari bentuk-bentuk perubahan yang terjadi pada mahasiswa perantau tersebut, perubahan yang sangat banyak terjadi adalah perubahan dalam masalah makan mahasiswa itu sehari-hari. Perubahan tersebut terjadi disebabkan oleh faktor keuangan. Faktor tersebut terjadi disebabkan oleh karena sudah jauh dari orangtua yang mengharuskan mahasiswa itu harus bisa mandiri. Penelitian ini betujuan untuk melihat berbagai bentuk perubahan pola hidup mahasiswa perantau asal Aceh Jaya yang berada di Kota Banda Aceh dan melihat apa saja yang menjadi penyebab terjadinya perubahan pada mahasiswa perantau tersebut. Teori yang digunakan adalah teori perubahan perilaku oleh Rogers yang menurutnya tahapan perilaku itu dimulai dari adanya motivasi yang kuat dari individu, untuk berubah dari suatu keadaan semula ke situasi yang baru dengan adanya penyesuaian yang didasarkan atas pertimbangan baik dan buruk suatu perilaku. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Perubahan yang terjadi pada mahasiswa tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain seperti lingkungan tempat tinggal, teman bergaul, jauh dari orangtua, dan faktor budaya dan bahasa. perubahan-perubahan terjadi juga tidak lepas dari stimulus atau dorongan mahasiswa itu sendiri, karena adanya kesadaran dari sendiri untuk berubah, apakah itu menuju pada perubahan yang positive maupun pada perubahan yang negative. Kata kunci: mahasiswa perantau, perubahan pola hidup

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA HIDUP MAHASISWA PERANTAU DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PADA FASHION MAHASISWA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2015) (SARTIKA PUTRI ELVIRA, 2020)

HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DAN NOMOPHOBIA PADA MAHASISWA PERANTAU DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (ZIHAN FAHIRA, 2020)

PERBANDINGAN IPK MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH ASAL BANDA ACEH DAN ACEH BESAR DENGAN MAHASISWA ASAL LUAR BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (Husnul Hidayati, 2019)

KONDISI FISIOLOGIS IKAN LAGA BETTA RUBRA PERUGIA, 1893 (PISCES: BELONTIIDAE) AKIBAT PERUBAHAN SUHU (Firman M. Nur, 2020)

GAYA HIDUP WANITA PEKERJA DI KOTA BANDA ACEH (M. Nurzaki, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy