//

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA HIDUP RUKUN SUBTEMA HIDUP RUKUN DI SEKOLAH KELAS II SD NEGERI 1 JEUMPET ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eva eliza - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Hidup Rukun di Sekolah. Penelitian ini berjudul “Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Tema Hidup Rukun Subtema Hidup Rukun di Sekolah Kelas II SD Negeri 1 Jeumpet Aceh Besar”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat hasil belajar melalui penerapan pendekatan saintifik pada sub tema hidup rukun di sekolah kelas II SD Negeri I Jeumpet Aceh Besar?. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar melalui penerapan pendekatan saintifik pada sub tema hidup rukun di sekolah kelas II SD Negeri I Jeumpet Aceh Besar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Jeumpet Aceh Besar sebanyak 50 siswa, yang terdiri 2 kelas dengan rincian kelas IIA sebanyak 26 siswa, kelas IIB sebanyak 24 siswa, jumlah siswa perempuan sebanyak 13 orang dan siswa laki-laki sebanyak 11 orang. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang yaitu kelas IIB. Metode yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Tes berupa essai. Perangkat penelitian yang digunakan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengolahan data menggunakan teknik analisis kuantitatif dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata Matematika yaitu 65 berada pada kategori cukup. Nilai rata-rata SBdP yaitu 73 berada pada kategori lebih dari cukup. Nilai rata-rata PPKN yaitu 68 berada pada kategori lebih dari cukup. Nilai rata-rata bahasa Indonesia 71 berada pada kategori lebih dari cukup. Nilai rata-rata PJOK yaitu 73 berada pada kategori lebih dari cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan tingkat hasil belajar yang baik diperoleh melalui penerapan pendekatan saintifik pada sub tema hidup rukun di sekolah kelas II SD Negeri I Jeumpet Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA HIDUP RUKUN DENGAN TEMAN BERMAIN DI KELAS II SDN 14 BANDA ACEH (Rina Melly Suciyati, 2016)

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET (Lusia Fitriana, 2014)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUM SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 51 BANDA ACEH. (Warzatun Riza, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (lisa turrahmi, 2016)

PENGARUH MODEL MIND MAPPING, KETUNTASAN BELAJAR, SUB TEMA KERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU (Sri Anggraini, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy