PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN 56 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN 56 BANDA ACEH


Pengarang

raudha hadi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040059

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Model Problem Based Learning, Ketuntasan Belajar, Peristiwa Alam
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Ketuntasan Belajar kelas V SDN 56 Banda Aceh”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam kelas V SDN 56 Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada materi peristiwa alam melalui Problem Based Learning kelas V SDN 56 Banda Aceh”. Hipotesis dari penetian ini adalah model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam kelas V SDN 56 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat exsperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 56 Banda Aceh yang berjumlah 49 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Va berjumlah 25 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tes bentuk pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis sehingga di dapat thitung = 6,77 dan ttabel = 1,71 sehingga di peroleh thitung > ttabel atau 6,77 > 1,71. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tersebut dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 56 Banda Aceh. Oleh karna itu Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 56 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK