//

PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SOAL CERITA PADA MATERI MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS III SDN 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Liana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Luas Persegi Dan Persegi Panjang, Problem Based Learning, Soal Cerita. Penggunaan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi dalam upaya mencapai ketuntasan hasil belajar siswa khususnya dalam proses pembelajaran matematika pada soal cerita. Salah satu model pembelajaran yang penekanannya adalah memampukan siswa memecahkan masalah dan memungkinkan mengangkat masalah dalam situasi nyata serta berorientasi pada pemahaman yaitu model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Problem Based Learning dalam pembelajaran soal cerita pada materi menghitung luas persegi dan persegi panjang kelas III SDN 3 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu, penelitian ini mengambil sampel dengan menggunakan teknik purposiv sampling, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 3 Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 80 siswa, namun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III/A SDN 3 Banda Aceh yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes sebanyak 5 butir soal yang berbentuk essay, untuk setiap butir soal diberikan skor nilai yang berbeda tergantung tingkat kesulitan soal tersebut. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n - 1) = (24 – 1) = 23. Dari nilai tersebut diperoleh t(0,95)(23) sehingga ttabel = 1,71. Karena 3,13 > 1,71 maka thitung > ttabel, sehingga ditolak diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan yaitu “Melalui penggunaan Problem Based Learning hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan dalam pembelajaran soal cerita pada materi menghitung luas persegi dan persegi panjang di kelas III SDN 3 Banda Aceh”. Oleh karena itu diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam upaya mencapai ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran soal cerita.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA MATERI LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI KELAS III SD NEGERI LAMPEUNEURUT (RAHMA DENI, 2015)

PENERAPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SUBTEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD RNNEGERI LAMKRAK ACEH BESAR (JARIYANTI, 2015)

PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SOAL PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 RSBI BANDA ACEH (Ulya Nabilla, 2014)

PENERAPAN MEDIA PERSEGI SATUAN DALAM PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 47 BANDA ACEH (Fahmi, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (INDRA JUNITA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy