//

HUBUNGAN PENGETAHUAN PEREMPUAN TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN PARTISIPASINYA DALAM DETEKSI DINI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reina Inka Amanda Sugihen - Personal Name
SubjectCANCER
CERVIX DISEASE-GYNECOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kanker serviks adalah perubahan sel-sel abnormal menjadi sel-sel kanker yang terjadi di jaringan serviks. Tingginya insiden kanker serviks di Indonesia ternyata ada kaitannya dengan kesadaran perempuan yang sudah menikah untuk memeriksakan diri dengan tes Pap smear sebagai upaya deteksi dini kanker serviks. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa jauh hubungan pengetahuan perempuan mengenai kanker serviks dengan partisipasinya dalam deteksi dini. Penelitian dilakukan pada perempuan yang berkunjung ke Poliklinik Kebidanan dan Kandungan, Laktasi dan PKBRS BLUD RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode penelitian bersifat studi cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proportionate simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terpimpin dengan panduan kuesioner. Pengambilan data dilakukan selama bulan Januari 2013. Analisa data menggunakan chi-square. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 72 responden didapatkan 31 orang (43,1%) berpengetahuan baik, dan 41 orang (56,9%) berpengetahuan kurang baik. Didapatkan pula bahwa 38 orang (52,8) memiliki keinginan untuk melakukan pemeriksaan dini kanker serviks, dan 34 orang (47,2) menolak untuk melakukan pemeriksaan dini kanker serviks. Hasil uji chi-square didapatkan p-value 0,000 yang berarti p-value < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan perempuan mengenai kanker serviks dengan partisipasinya dalam deteksi dini.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KARAKTERISTIK, PENGETAHUAN DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN LAYANAN PRIMER TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT DI BANDA ACEH (T. Yudhi Iqbal, 2018)

HUBUNGAN COITARCHE, PARITAS, DAN JENIS KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN KEJADIAN KANKER SERVIKS DI RSUDZA (framita ainur, 2017)

PENGARUH PROMOSI KESEHATAN TENTANG KANKER SERVIKS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (M HABIBIE FAISAL, 2019)

HUBUNGAN RIWAYAT DETEKSI DINI PAP SMEAR DENGAN STADIUM KLINIK PENDERITA KANKER SERVIKS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dhea Maghfirah, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA PETUGAS KESEHATAN DI PUSKESMAS BANDA ACEH (Layyina Misqa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy