//

ANALISA FILOGENETIK SUKU DIPTEROCARPACEAE BERDASARKAN GEN KLOROPLAS MATK MENGGUNAKAN ALGORITMA BAYESIAN INFERENCE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirna Yunita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Suku Dipterocarpaceae memiliki jenis yang cukup banyak dan masing-masing dari jenis tersebut mempunyai kemiripan morfologi yang sangat mirip. Hal ini mengakibatkan adanya kesulitan pengelompokan jika hanya dilihat berdasarkan morfologi. Oleh karena itu, penelitian ini akan melakukan analisa filogenetik berdasarkan gen kloroplas matK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan kekerabatan dari beberapa jenis suku Dipterocarpaceae menggunakan algoritma Bayesian Inference dan membandingkan hasil analisa berupa pohon filogenetik menggunakan algoritma Bayesian Inference, Neighbour-joining, Maximum likelihood dan Maximum parsimony. Tahapan analisa yang dilakukan terdiri dari pengumpulan data, perubahan struktur nama sekuen, penjajaran sekuen, konstruksi pohon menggunakan metode MCMC, evaluasi dan analisa pohon filogenetik. Hasil analisa menunjukkan bahwa marga Dipterocarpus tidak membentuk monophyletic group dengan marga lain dari puak Dipterocarpeae. Hasil perbandingan menggunakan tiga algoritma lain (Neighbour-joining, Maximum likelihood dan Maximum parsimony) menunjukkan bahwa algoritma Bayesian memiliki waktu konstruksi pohon paling lama diantara algoritma lainnya. Kata Kunci : Dipterocarpaceae, Filogenetik, bayesian inference, mcmc

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA FILOGENETIK FAMILI DIPTEROCARPACEAE BERDASARKAN DNA BARCODING MATK (Ulfi Maulida, 2014)

ANALISIS DAN REKONSTRUKSI POHON FILOGENETIK BERDASARKAN GENOM NUKLEUS DAN KLOROPLAS PADA FAMILIA DIPTEROCARPACEAE (Audina Yoeliarniza, 2017)

ANALISIS FILOGENETIK BERDASARKAN GEN RBCL DAN GEN MATK PADA SUKU DIPTEROCARPACEAE DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE, TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER, ACEH TENGGARA (Nir Fathiya, 2018)

PERANCANGAN APLIKASI KUNCI IDENTIFIKASI MOLEKULER TRIBE SHOREAE (DIPTEROCARPACEAE) BERDASARKAN CPDNA MATK (Aisyah Humaira, 2018)

ANALISIS PERBANDINGAN GEN MATK, RBCL DAN KOMBINASI MATK+RBCL SEBAGAI BARCODE TUMBUHAN DIKOTIL (Intan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy