//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Salmiah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
GUIDED DISCOVERY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 5 Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimana hasil belajar dan sikap siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, sikap, dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran guided discovery. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-5 sebanyak 30 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Penentuan sampel dilakukan secara random (random sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis, observasi sikap, dan angket tanggapan siswa. Berdasarkan hasil tes objektif yang diberikan setelah pertemuan berakhir, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 80%, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil observasi sikap siswa pada pertemuan I termasuk kedalam kategori cukup dan baik pada pertemuan II, yaitu untuk sikap disiplin 21,22% pada pertemuan I dan 21,51% pada pertemuan II, untuk sikap jujur 3,64% pada pertemuan I dan 6,77% pada pertemuan II, untuk sikap kerjasama 10,25% pada pertemuan I dan 10,46% pada pertemuan II, dan untuk sikap ketelitian hanya di nilai pada pertemuan II saja yaitu sebesar 12,5%. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran guided discovery mendapat respon positif sebesar 94,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery dapat menambah ketuntasan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TIPE GUIDED DISCOVERY DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMAN 16 BANDA ACEH (Saidatunnisa, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE CONSEPT MAPPING DENGAN MODEL DISCOVERY TIPE GUIDED DISCOVERY SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Dina Nataya, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MAN 3 BENER MERIAH (Rahayu Wulandari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy