//

PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 37 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL IZZATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Pengaruh, Status Sosial Ekonomi, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Penelitian yang berjudul “Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 37 Banda Aceh Tahun Ajaran 2014/2015” ini mengangkat masalah apakah status sosial ekonomi dan perhatian orang tua memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan Prestasi belajar. (2) Untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar. (3) Untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 37 Banda Aceh. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif kolerasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa yaitu dengan mengambil seluruh anggota populasi. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Kolerasi Pearson Product Moment dan analisis Regresi Linier Ganda. Berdasarka hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan yang siginifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,415 > 0,355. (2) Terdapat hubungan yang siginifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,6408 > 0,355. (3) Terdapat pengaruh yang siginifikan status sosial ekonomi dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 37 Banda Aceh, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel atau 9,81 > 3,34. Koefisien penentu 〖(R〗^2) sebesar 0,412 ini berarti bahwa status sosial ekonomi (X1) dan perhatian orang tua (X2) memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 41,2%. Adapun sisanya sebesar 58,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERHATIAN DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MTSN SAMPOYNIET (Elli Noviza, 2013)

PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH) (AZMI ARI, 2015)

HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS MAN KUTA BARO ACEH BESAR (oriza novianti, 2016)

PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Rahimun, 2013)

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Kartika Sarah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy