//

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI WEBGIS SISTEM INFORMASI KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN (STUDI KASUS: KABUPATEN NAGAN RAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Handayani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Informasi terkait penggunaan lahan merupakan salah satu aspek penting dalam perencaaan pembangunan di suatu lokasi. Walaupun demikian, informasi tersebut tidak selalu mudah didapatkan bagi masyarakat luas. Bahkan jika datanya tersedia, untuk memanfaatkan data tersebut menjadi suatu informasi, seperti kesesuaian penggunaan lahan, masih diperlukan perangkat lunak dan keahlian khusus. Kabupaten Nagan Raya merupakan salah satu kabupaten di provinsi Aceh yang masih dalam tahap pengembangan daerah. Oleh karena itu, untuk mendukung perencanaan pembangunan daerah yang lebih baik, diperlukan suatu sistem aplikasi yang menyediakan informasi mengenai penggunaan lahan yang sesuai dengan perancangan pembangunan daerah tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi GIS bebasis web yang dapat menampilkan informasi geospasial dan non-spasial penggunaan lahan serta kesesuaiannya dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kepada masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan guna membantu mereka dalam pemanfaatan lahan yang mendukung rencana pembangunan daerah, khususnya di Kabupaten Nagan Raya. Sistem ini dibangun dengan memanfaatkan layanan berbasis open source, yaitu GeoServer yang digunakan sebagai web mapping server, PostgreSQL sebagai penyimpanan database dan Framework GeoExt untuk membangun tampilan yang menarik dan interaktif dari aplikasi yang dibangun. Untuk menilai tingkat penerimaan user terhadap aplikasi yang dibangun, digunakan metode Fishbein yang menilai dan mengukur sikap user (Ao) terhadap aplikasi berdasarkan sikap mereka sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi. Nilai hasil (Ao) yang didapatkan dalam analisa ini adalah 77,54 yang berada pada skala sikap “POSITIF”. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini bermanfaat dan dapat membantu user dalam mendapatkan informasi mengenai penggunaan lahan di Kabupaten Nagan Raya. Kata kunci : webGIS, kesesuaian lahan, GeoServer, GeoExt, PostgreSQL, metode Fishbein.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KURMA (PHOENIX DACTYLIFERA) BERBASIS WEB DI KABUPATEN ACEH BESAR (Rahma Zulaikha, 2021)

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MASJID DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (REZEKI MAULANA, 2018)

PERANCANGAN PUSAT KEGIATAN REMAJA KAB. NAGAN RAYA RN(NAGAN YOUTH CENTRE) (Agusnimar, 2014)

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 LHOKSEUMAWE DENGAN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (Ricca Fitri, 2020)

PERANCANGAN TOOLBOX DENGAN MODELBUILDER UNTUK PENENTUAN KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KELAPA SAWIT (STUDI KASUS: KABUPATEN NAGAN RAYA) (Ira Sartika, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy