//

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM L.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ESCHERICHIA COLI SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUR AKMAL - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
ESCHRICHIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kemangi (Ocimumbasilicum L.) merupakan salahsatu tumbuhan yang punya banyak manfaat dan telah lama digunakan oleh masyarakat sebagai tumbuhan berkhasiat untuk obat.Kemangi mengandung senyawa bioaktif yang dapat menghambat pertumbuhan mikro organism pathogen seperti Escherichia coli. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun kemangi terhadap pertumbuhan Escherichia coli dan konsentrasi yang paling efektif dapat menghambat pertumbuhan Jenis penelitian adalah eksperimental laboratorium dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan (P1,P2,P3,P4,) serta control negative (P0) dan positif (P5) dengan 4 kali ulangan.Pengujian daya hambat dilakukan dengan menggunakan metode difusi cakram. Ekstrak etanol daun kemangi dengan konsentrasi 25% (P1), 50% (P2), 75% (P3), 100% (P4), akuades sebagai control negatif(P0)dan kloramfenikol sebagai control positif (P5). Masing-masing cakram direndam selama 30 menit.Parameter yang diamati yaitu diameter zona hambat yang terbentuk. Data dianalisis menggunakan Analysis of Variace (ANOVA) dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil uji antibakteri ekstrak etanol daun Kemangi dengan konsentrasi 25%, 50%, 75%, dan 100% mampu membentuk zona hambat rata-rata sebesar 8,75 mm, 9,50 mm, 13,75 mm, dan 14,50 mm. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kemampuan ekstrak etanol daun Kemangi dalam menghambat pertumbuhan E. coli secara in vitro. Kata Kunci: EkstrakEtanolOccimumbasilicum, Esherichia coli, zonahambat.  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN ERITROSIT AYAM BROILER YANG DIBERI EKSTRAK ETANOL KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) DAN DIINFEKSIKAN ESCHERICHIA COLI (Tiara Darma Putri, 2015)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM L.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ESCHERICHIA COLI SECARA IN VITRO (NUR AKMAL, 2015)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Deny Haris, 2014)

DAYA HAMBAT MINYAK ATSIRI DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS PADA BERBAGAI KONSENTRASI (SITI APRINA WATI, 2016)

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS TIMUS AYAM BROILER YANG DIINFEKSIKAN ESCHERICHIA COLI DAN DIBERIKAN EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) (Doly Ihsan Siregar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy