//

ANALISIS PENYEBAB TIME DELAYS DAN COST OVERRUNS DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Siswanto - Personal Name
SubjectCOSTS
PROJECT MANAGEMENT
TIME ESTIMATES-BUILDING CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Proyek konstruksi melibatkan organisasi dan koordinasi dari semua sumber daya proyek untuk menyelesaikan proyek tepat waktu, sesuai anggaran serta standar kualitas dan kinerja yang dispesifikasikan oleh perencana. Namun dalam pelaksanaannya terkadang dihadapkan pada berbagai masalah sehingga waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan proyek konstruksi menjadi lebih panjang (time delays) dan biaya yang dikeluarkan melebihi biaya yang direncanakan (cost overruns). Kasus time delays dan cost overruns juga terjadi di Kota Banda Aceh. Pada tahun 2014 sebagian besar proyek konstruksi di Kota Banda Aceh yang dibiayai dengan APBA, berstatus merah atau kritis karena realisasi fisiknya masih terjadi deviasi padahal masa kerja tersisa hanya satu bulan lagi. Akibatnya pihak pelaksana proyek (kontraktor) mengajukan addendum waktu dan biaya, tentu hal ini akan memberikan dampak negatif baik bagi pemilik proyek (owner) maupun bagi pelaksana proyek (kontraktor). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah yang menjadi penyebab utama terjadinya time delays dan cost overruns dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi di Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menentukan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya time delays dan cost overruns dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi bangunan gedung di Kota Banda Aceh. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah didapatkan penyebab utama dari time delays yaitu kekurangan material yang maknanya bahwa proyek-proyek yang dilaksanakan di Kota Banda Aceh sebagian besar material galian C diambil di luar kota Banda Aceh yaitu di Kabupaten Aceh Besar, sehingga kekhawatiran pelaksana kegiatan pada proyek di Kota Banda Aceh sangat bergantung kepada ketersediaan material, selanjutnya faktor penyebab utama terjadinya cost overruns adalah tingginya upah tenaga kerja, hal ini dimaknai bahwa tingginya upah tenaga kerja khususnya di Kota Banda Aceh sangat mempengaruhi dan menjadi penyebab pembengkakan biaya produksi dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi di Kota Banda Aceh. Kata kunci : Time delays, cost overruns, waktu, biaya, kontraktor

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI FAKTOR DOMINAN RISIKO BIAYA PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (YOSI ARMIDA, 2020)

PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (RIFAT ADITYA HAWARI, 2020)

PERENCANAAN BIAYA MATERIAL PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BPJN (BALAI PELAKSANA JALAN NASIONAL) TAHAP III (Muhammad Ricci Akbar, 2019)

MODEL TIME-COST TRADE-OFF PADA PEKERJAAN TANGGA BETON BANGUNAN GEDUNG DI BANDA ACEH (T. Muhammad Fachrul Rozie, 2019)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KLAIM DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA BANDA ACEH (Nurdianti, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy