//

PROSES PEMBUATAN KENDI DI DATARAN TINGGI GAYO KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HIKMA APISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Proses Pembuatan, Kerajinan, Kendi Gayo. Penelitian ini yang berjudul “Proses Pembuatan Kendi di Dataran Tinggi Gayo Kabupaten Aceh Tengah” Skripsi ini membahas tentang bagaimanakah proses pembuatan kendi Gayo”, dan bagaimanakah penerapan motif pada kendi Gayo yang dihasilkan di Desa Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan dan penerapan motif yang dihasilkan di Desa Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengrajin kendi yang masih aktif memproduksi kendi Gayo. sedangkan objek dalam penelitian ini adalah proses pembuatan dan penerapan motif pada kendi di dataran tinggi Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan tehnikreduksi (data reduction), display (data display),verifikasi (conclution drawing/verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembuatan kendi Gayo memiliki motif dan motif yang sering digunakan dalam pembuatan kendi Gayo ini adalah motif Emun Berangkat, yang di ukir menggunakan tutup spidol motif Pucuk Rebung, yang di ukir menggunakan uang logam motif Puter Tali, di ukir menggunakan rader bajumotif Peger, di ukir menggunakan rader baju dan motif Opat Sagi Pendari di ukir menggunakan pecahan piring.Proses pembuatan kerajinan kendi Gayo di Desa Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah menggunakan dua tehnik yaitu tehnik pijat (pinching) dan tehnik putar (wheel/throwing).Bentuk kendi Gayo yang dihasilkan di Desa Kebayakan ada empat macam, yaitu Keni Rawan(Kendi Laki-Laki) yang dipakai untuk tempat air minum kaum laki-laki yaitu seorang ayah yang berperan sebagai kepala keluarga, Keni Banan (Kendi Perempuan) yang merupakan tempat air minum bagi kaum perempuan yaitu seorang ibu di dalam sebeluah keluarga, Keni Labu(Kendi Labu) yang dibuat berdasarkan bentuk buah labu dan dipakai oleh sesepuh perempuan, dan Keni Ganyong (Kendi Tinggi), kendi ini terlihat tinggi walaupun ukurannya kecil dari bentuk kendi yang lainnya. Keni Ganyong biasa digunakan untuk anak-anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FUNGSI DAN PROSES PEMBUATAN KERAJINAN KENDI GAYO DI DESA JONGOK MELUEM KECAMATAN KEBAYAKAN KABUPATEN ACEH TENGAH (Yulya Gusri, 2014)

BAHASA REGISTER KELOMPOK PETANI KOPI DI DATARAN TINGGI GAYO (Yulia Rahmah, 2017)

PUSAT KOPI GAYO (Renggha Prima, 2015)

PEMANFAATAN ZINGIBERACEAE DI DATARAN TINGGI GAYO LUES (FITRI ULAN DARI, 2021)

ALAT MUSIK TRADISIONAL SULING GAYO DI DESA TOWEREN KECAMATAN LUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH (Misdalina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy