ANALISIS KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DAN KINERJA RUAS JALAN DI KAWASAN PERKANTORAN (STUDI KASUS KANTOR DINAS PENDAPATAN DAN KEKAYAAN ACEH (DPKA) DAN DINAS KEUANGAN ACEH (DKA) BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DAN KINERJA RUAS JALAN DI KAWASAN PERKANTORAN (STUDI KASUS KANTOR DINAS PENDAPATAN DAN KEKAYAAN ACEH (DPKA) DAN DINAS KEUANGAN ACEH (DKA) BANDA ACEH)


Pengarang

FAUZANA RUSMAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200060064

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Prog. Studi Magister Teknik Sipil., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

625.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ketersediaan lahan parkir merupakan hal yang harus diperhatikan dengan baik di daerah perkotaan agar tidak terjadi parkir di badan jalan, terutama di kawasan perkantoran. Kantor DPKA dan DKA Banda Aceh yang terletak di jalan T. Nyak Arief Banda Aceh memiliki permasalahan terkait perparkiran. Kurangnya lahan parkir di kantor ini menyebabkan terjadinya parkir di badan jalan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kebutuhan lahan parkir pada Kantor DPKA dan DKA Banda Aceh dengan menggunakan kharakteristik parkir, mengetahui kajian dampak parkir di ruas jalan terhadap kinerja jalan pada jalan T. Nyak Arief dengan analisa MKJI 1997, serta mengetahui kondisi perparkiran berdasarkan persepsi masyarakat dan alternatif pemecahan masalah parkir berdasarkan pendapat para ahli. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi data primer dan sekunder. Berdasarkan analisis kebutuhan lahan, diperoleh bahwa lahan parkir yang tersedia tidak sesuai dengan jumlah pegawai/staf dan pengunjung (IP>1). hasil analisis kinerja ruas jalan menunjukkan terjadinya kepadatan lalu lintas yag disebabkan oleh parkir di badan jalan dengan DS = 0,808. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan menurun atau dalam keadaan tidak baik, walaupun tidak terjadi setiap hari. analisis responden, ditinjau dari kondisi lahan parkir dalam keadaan tidak baik, kurangnya peta parkir dan sirkulasi parkir di kawasan ini tidak baik. Analisis berdasarkan wawancara dengan instansi terkait, diperlukan adanya penambahan lahan parkir yang sesuai dengan jumlah karyawan dan luas bangunan kantor yang kekurangan lahan parkir dan mengeluarkan kebijakan untuk membatasi penggunaan kendaraan pribadi sehingga lahan parkir terckupi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK