//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAYANTI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Model POE, hasil belajar, koloid. Telah dilakukan penelitian berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di Kelas XI MAN 3 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas dan tanggapan siswa terhadap penerapan model POE pada materi koloid. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil tes yang diberikan setelah proses pembelajaran berlangsung pada pertemuan terakhir, diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88. Persentase aktivitas siswa di kelas XI IPA-1 dengan menggunakan lembar observasi sebesar 94,53 pada pertemuan I dan 95,31 pada pertemuan II, dengan kategori sangat baik. Persentase tanggapan positif siswa sebesar 97,2 terhadap penerapan model pembelajaran POE pada materi koloid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran POE pada materi koloid dapat mencapai ketuntasan secara klasikal, aktivitas siswa tergolong kedalam kategori sangat baik, dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran POE yang dilakukan di kelas XI IPA-1 MAN 3 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DALAM KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH. (Syarifah Erni Junita, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAINT (POE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Rida Royani, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 11 BANDA ACEH (QURRATUL AINI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN RUKOH TAHUN AJARAN 2012/2013 (Irawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy