//

PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 11 LANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TRINA ELLORA - Personal Name
SubjectPLASTIC ARTS-STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas FKIP
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pembelajaran, seni rupa terapan Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Seni Rupa Terapan di Kelas VIII pada SMP Negeri 11 Langsa”. Mengangkat masalah bagaimana proses pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dan bagaimana pemanfaatan pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dalam menghasilkan karya kerajinan yang memiliki unsur nilai jual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dan peneliti ingin mengetahui sejauh mana pemanfaatan pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 pada SMP Negeri 11 Langsa untuk menghasilkan karya kerajinan dari kreativitas siswa yang memiliki unsur nilai jual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian proses pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dan pemanfaatan pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dalam menghasilkan karya kerajinan yang memiliki unsur nilai jual menunjukkan hasil yang sangat baik, hal tersebut terlihat jelas dari nilai yang diperoleh para peserta didik. Hasil penelitian yang telah diperoleh bahwa para peserta didik di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa memiliki semangat dan kemampuan untuk menciptakan suatu karya seni yang memiliki nilai jual. Respon yang baik dari pihak sekolah SMP Negeri 11 Langsa adalah menciptakan sebuah koperasi yang dapat menampung seluruh karya para peserta didik SMP Negeri 11 Langsa yang memiliki nilai jual guna dapat membantu orang tua para peserta didik di SMP Negeri 11 Langsa dari segi ekonomi. Jika hal tersebut terlaksana maka para peserta didik di SMP Negeri 11 Langsa dapat fokus dalam menuntut ilmu tanpa harus pulang sebelum jam sekolah selesai.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN APRESIASI SENI RUPA DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (TIHAJAR, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS X DALAM MATERI SENI RUPA TERAPAN DAERAH NUSANTARA (Renggalita Rezeki, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SENI TARI DAN SENI RUPA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Cut Putro, 2013)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SENI RUPA TERAPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MENGGUNAKAN KULIT JAGUNG DI KELAS VII-C SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (MARDIANI, 2013)

GALERI SENI RUPA DI BANDA ACEH (Hisban Fahruzi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy