PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 11 LANGSA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 11 LANGSA


Pengarang

TRINA ELLORA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106102030044

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

730.07

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : Pembelajaran, seni rupa terapan
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Seni Rupa Terapan di Kelas VIII pada SMP Negeri 11 Langsa”. Mengangkat masalah bagaimana proses pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dan bagaimana pemanfaatan pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dalam menghasilkan karya kerajinan yang memiliki unsur nilai jual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dan peneliti ingin mengetahui sejauh mana pemanfaatan pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 pada SMP Negeri 11 Langsa untuk menghasilkan karya kerajinan dari kreativitas siswa yang memiliki unsur nilai jual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian proses pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dan pemanfaatan pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dalam menghasilkan karya kerajinan yang memiliki unsur nilai jual menunjukkan hasil yang sangat baik, hal tersebut terlihat jelas dari nilai yang diperoleh para peserta didik. Hasil penelitian yang telah diperoleh bahwa para peserta didik di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa memiliki semangat dan kemampuan untuk menciptakan suatu karya seni yang memiliki nilai jual. Respon yang baik dari pihak sekolah SMP Negeri 11 Langsa adalah menciptakan sebuah koperasi yang dapat menampung seluruh karya para peserta didik SMP Negeri 11 Langsa yang memiliki nilai jual guna dapat membantu orang tua para peserta didik di SMP Negeri 11 Langsa dari segi ekonomi. Jika hal tersebut terlaksana maka para peserta didik di SMP Negeri 11 Langsa dapat fokus dalam menuntut ilmu tanpa harus pulang sebelum jam sekolah selesai.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK