Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 11 LANGSA
Pengarang
TRINA ELLORA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106102030044
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
730.07
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci : Pembelajaran, seni rupa terapan
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Seni Rupa Terapan di Kelas VIII pada SMP Negeri 11 Langsa”. Mengangkat masalah bagaimana proses pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dan bagaimana pemanfaatan pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dalam menghasilkan karya kerajinan yang memiliki unsur nilai jual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dan peneliti ingin mengetahui sejauh mana pemanfaatan pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 pada SMP Negeri 11 Langsa untuk menghasilkan karya kerajinan dari kreativitas siswa yang memiliki unsur nilai jual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian proses pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dan pemanfaatan pembelajaran seni rupa terapan di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa dalam menghasilkan karya kerajinan yang memiliki unsur nilai jual menunjukkan hasil yang sangat baik, hal tersebut terlihat jelas dari nilai yang diperoleh para peserta didik. Hasil penelitian yang telah diperoleh bahwa para peserta didik di kelas VIII-4 SMP Negeri 11 Langsa memiliki semangat dan kemampuan untuk menciptakan suatu karya seni yang memiliki nilai jual. Respon yang baik dari pihak sekolah SMP Negeri 11 Langsa adalah menciptakan sebuah koperasi yang dapat menampung seluruh karya para peserta didik SMP Negeri 11 Langsa yang memiliki nilai jual guna dapat membantu orang tua para peserta didik di SMP Negeri 11 Langsa dari segi ekonomi. Jika hal tersebut terlaksana maka para peserta didik di SMP Negeri 11 Langsa dapat fokus dalam menuntut ilmu tanpa harus pulang sebelum jam sekolah selesai.
Tidak Tersedia Deskripsi
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN APRESIASI SENI RUPA DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (TIHAJAR, 2014)
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS X DALAM MATERI SENI RUPA TERAPAN DAERAH NUSANTARA (Renggalita Rezeki, 2014)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SENI TARI DAN SENI RUPA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Cut Putro, 2013)
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI
SENI RUPA TERAPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
INQUIRY DENGAN MENGGUNAKAN KULIT JAGUNG
DI KELAS VII-C SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM
KABUPATEN ACEH BESAR (MARDIANI, 2013)
GALERI SENI RUPA DI BANDA ACEH (Hisban Fahruzi, 2014)