//

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENGGAMBAR BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nina Helmira - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Kemampuan spasial, menggambar, menggambar bangun ruang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan spasial siswa dalam menggambar bangun ruang. Kegiatan menggambar bangun ruang yang terdiri dari kubus satuan merupakan kegiatan yang penting untuk memperkenalkan volume balok dan kubus kepada siswa. Untuk mengetahui bagaimana kemampuan spasial siswa dalam menggambar bangun ruang, penulis melakukan penelitian dengan judul “Kemampuan Spasial Siswa dalam Menggambar Bangun Ruang melalui pendekatan Realistic Mathematics Education di Kelas IV SD Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan spasial siswa dalam menggambar bangun ruang melalui pendekatan Realistic Mathematics Education di kelas IV SD Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kemampuan spasial siswa dalam menggambar bangun ruang melalui pendekatan Realistic Mathematics Education di kelas IV SD Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui lembar kinerja siswa dan dilanjutkan dengan wawancara pada subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan di SDN 67 Percontohan Banda Aceh dengan melibatkan 23 orang siswa kelas IV, di SDN 37 Banda Aceh dengan melibatkan 19 orang siswa kelas IV, dan di SDN 63 Banda Aceh dengan melibatkan 30 orang siswa kelas IV. Dari hasil lembar kinerja siswa dipilih 8 orang siswa sebagai subjek penelitian yang mewakili setiap variasi jawaban. Analisis data disimpulkan sesuai dengan kemampuan spasial siswa dalam menggambar bangun ruang yang terdiri dari susunan kayu berbentuk kubus satuan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa siswa yang memiliki kemampuan spasial yang baik dengan persentase tertingi (40%) adalah siswa di SDN 67 Percontohan Banda Aceh dan siswa di SDN 63 Banda Aceh dan tiga orang dari subjek penelitian yang memiliki kemampuan spasial yang mencapai level tinggi dalam menggambar bangun ruang adalah siswa yang berjenis kelamin laki-laki. Disarankan kepada guru agar melakukan aktivitas menggambar bangun ruang dalam memperkenalkan konsep volume balok dan kubus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Cut Mawaddatawwarahmah, 2016)

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Cut Mawaddatawwarahmah, 2016)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KETERLIBATAN SISWA (STUDENT ENGAGEMENT) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (LISA RAMADHANI, 2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN CABRI 3D (Nurul Asma, 2017)

KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI JARING-JARING BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SD NEGERI ANEUK BATEE ACEH BESAR (Yusuf Riandi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy