//

“PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER”.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI ALDINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kegiatan Ekstrakurikuler Penelitian ini berjudul “Perbandingan Prestasi Belajar antara Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Siswa yang Tidak Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang mengikuti atau yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan melihat nilai rata-rata mata pelajaran secara umum, dan untuk melihat perbandingan prestasi belajar antara yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pada SMP Islam Al-Falah. Melalui pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SMP Islam Al-Falah yang berjumlah 86 siswa, karena populasinya tidak terlalu besar maka semua anggota populasi dijadikan sampel atau Total Sampling yaitu 46 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan 40 siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Adapun Tehnik Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kepustakaan, observasi dan dokumentasi dengan cara mengumpulkan nilai rapor yaitu dengan membandingkan nilai rata-rata siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa pada SMP Islam Al-Falah. Maka dalam tehnik pengolahan data penulis mengunakan metode statistikuji uji Z. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% (0,05) dan derajat kebebasan (dk) 40+46-2=84 maka diperoleh nilai Zhitung = 0,113 dengan Ztabel =1,988 maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak sedangkan hipotesis nihil (H0) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pada SMP Islam Al-Falah, Aceh Besar. Mengingat kegiatan ekstrakurikuler bukanlah sebuah kendala dalam memperoleh prestasi belajar maka diharapkan kepada siswa SMP Islam Al-falah untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan disarankan kepada orang tua agar selalu mendukung anak-anaknya dalam kegiatan ekstrakurikuler karena ini dapat membantu perkembangan peserta didik baik dari segi intelektual maupu spritual.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

“PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER”. (PUTRI ALDINA, 2015)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADUAN SUARA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH (Mohammad Rizki Dwisaputra, 2015)

PERSEPSI SISWA SMAN 1 SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (Romi Nandar, 2016)

EVALUASI PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Julfikar Mosaddeq Bancin, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (SUATU PENELITIAN KAJIAN LITERATUR) (Wulan Juliani Putri, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy