//

GAMBARAN CEMARAN MIKROBA DALAM UDARA PADA RUANG NEONATAL INTENSIVE CARE UNIT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang radiansyah - Personal Name
SubjectAIR
MICROBIOLOGY-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rumah sakit merupakan suatu institusi pelayanan kesehatan masyarakat yang rentan akan terjadinya pencemaran mikroba dalam udara terutama ruangan NICU. Ruang NICU adalah ruang yang terdapat di dalam rumah sakit yang merupakan sebuah ruang perawatan intensif yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus. Menurut kemenkes tahun 2004 tentang persyaratan kesehatan lingkungan rumah sakit, ditetapkan bahwa angka mikroba udara di ruang NICU dibawah 200 CFU/m3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran total colony forming unit di 3 ruang NICU di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional. Cawan petri berisi diletakkan secara terbuka di ruangan selama 30 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 3 ruangan yang diperiksa, angka cemaran terendah di ketahui terdapat pada ruang NICU 1 dengan nilai cemaran 10 CFU/m3/ 30 menit sebesar 12 CFU/m3/ 30 menit untuk media agar darah dan 10 CFU/m3/ 30 menit untuk media MacConkey, sedangkan angka cemaran tertinggi terdapat pada ruangan NICU 3 dengan nilai pencemaran sebesar 22 CFU/m3/ 30 menit untuk media agar darah dan 20 CFU/m3/ 30 menit untuk media MacConkey. Kata kunci : cemaran mikroba dalam udara, colony forming unit, NICU

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN CEMARAN MIKROBA DALAM UDARA PADA RUANG NEONATAL INTENSIVE CARE UNIT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (radiansyah, 2015)

HUBUNGAN KEPRIBADIAN DENGAN STRES KERJA PADA PERAWAT RUANG RAWAT INTENSIF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Raudhatul Jannah, 2015)

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG INTENSIVE CARE BLUD RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Safrizal , 2015)

INSIDENSI METHICILLIN RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (MRSA) DARI MUKOSA HIDUNG PARAMEDIS DI RUANG INTENSIF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ridhia Putri, 2015)

GAMBARAN INDEKS ANGKA KUMAN UDARA RUANG PEDIATRIC INTENSIVE CARE UNIT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FEBY VANIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy