//

EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI PADA SISWA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMENTAL DI MTSN TUNGKOB ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL HUSNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Harga diri, Metode Bermain Peran Penelitian ini berjudul “Efektivitas Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat harga diri siswa sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan metode bermain peran dan untuk mengetahui keefektifan metode bermain peran dalam meningkatkan harga diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest yang menggunakan pendekatan mixed methods (kualitatif dan kuantitatif). Sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa yang diambil dari 32 Siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen non tes berupa observasi, wawancara dan angket. Observasi dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan metode bermain peran. Sedangkan angket harga diri yang digunakan peneliti berupa angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban (sangat sesuai, sesuai, tidak sesuai, sangat tidak sesuai). Eksperimen dilakukan oleh peneliti sendiri selama 12 kali perlakuan dengan durasi waktu 45 menit. Teknik analisis data yang digunakan adalah Sign Test untuk dua kelompok yang berkorelasi. Hasil analisis data menunjukkan nilai probalitas yang diperoleh P= 0,5 untuk z > 10 adalah (0,001) lebih kecil dari taraf signifikansi yang di kehendaki (0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan atau perubahan rata-rata tingkat harga diri siswa sebelum perlakuan dengan sesudah perlakuan metode bermain peran maka dalam penelitian ini Ha diterima. Berarti hasil uji hipotesis ini berhasil dan sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa metode bermain peran efektif untuk meningkatkan harga diri pada siswa. Sedangkan untuk hasil data observasi menunjukkan perbedaan perilaku siswa sebelum dan sesudah perlakuan metode bermain peran yang terlihat adalah siswa sudah mengarah pada perilaku harga diri tinggi dengan kriteria mampu menghargai dirinya sendiri, percaya akan kemampuan, penerimaan diri serta percaya diri dan hasil wawancara dengan guru perubahan perilaku siswa menunjukkan ke arah positif dengan memiliki motivasi belajar yang baik dan aktif dalam belajar setelah perlakuan metode bermain peran .

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOTIVASIONAL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIRN DI MTSN TUNGKOB (yettika sari elvia, 2014)

PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI MTSN TUNGKOB TAHUN AJARAN 2014/2015 (muharrir rijal, 2015)

PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTSN TUNGKOB DARUSSALAM (MARDHATILLAH, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Rosnita, 2015)

ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI FUNGSI ALJABAR DI KELAS VIII MTS NEGERI TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Ismatul Hasni, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy