//

PEMILIHAN BAHASA DALAM KELUARGA CAMPURANRNDI KECAMATAN KEJURUAN MUDA KABUPATEN ACEH TAMIANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mayura Bias Fiska - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : pemilihan bahasa, keluarga campuran, bahasa Indonesia Penelitian yang berjudul Pemilihan Bahasa dalam Keluarga Campuran di Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang ini mengangkat masalah (1) bahasa apa yang dipilih oleh keluarga campuran di Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang dan (2) faktor apakah yang melatarbelakangi pemilihan bahasa oleh keluarga campuran di Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang tersebut. Sumber data penelitian ini adalah keluarga campuran yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak yang ayah dan ibunya berasal dari suku yang berbeda. Keluarga campuran yang dijadikan sumber data berjumlah 28 KK dan terdiri atas berbagai suku, yaitu: Mandailing-Jawa, Mandailing-Aceh, Aceh-Mandailing, Aceh- Tamiang, Aceh-Sunda, Aceh-Minangkabau, Aceh-Jawa, Jawa-Aceh, Jawa- Minangkabau, Minangkabau-Aceh, Minangkabau-Tamiang, Minangkabau-Batak, Batak-Jawa, Tamiang-Jawa, Tamiang-Aceh, Tamiang-Karo, dan Gayo-Aceh. Metode penilitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri atas (1) peneliti, dan (2) alat rekam dan catat. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan cakap (wawancara) berdasarkan masing-masing keluarga campuran yang ada di Kecamatan Kejuruan Muda. Penganalisisan data dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) data dikelompokkan berdasarkan rumusan masalah, (2) mengklasifikasikan data sesuai dengan aspek yang diteliti, (3) membenahi hasil catatan pengamatan dan wawancara, (4) mendata semua data dan melakukan analisis ulang serta menyampaikan hasilnya sesuai dengan masalah dalam bentuk deskriptif, dan (5) membuat simpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan bahasa yang dilakukan oleh keluarga campuran di Kecamatan Kejuruan Muda sebanyak 16 keluarga memilih bahasa Indonesia dalam proses komunikasi, 2 keluarga terdapat penggunaan bahasa Jawa dalam proses komunikasi, 1 keluarga terdapat penggunaan bahasa Minangkabau dalam proses komunikasi, 5 keluarga terdapat penggunaan bahasa Aceh dalam proses komunikasi, 2 keluarga terdapat penggunaan bahasa Tamiang dalam proses komunikasi, 1 keluarga terdapat penggunaan bahasa Aceh dan Jawa di dalam keluarganya, dan 1 keluarga terdapat penggunaan bahasa Tamiang dan Karo di dalam keluarganya. Faktor yang melatarbelakangi pemilihan bahasa dalam keluarga campuran di Kecamatan Kejuruan Muda adalah (1) lingkungan tempat tinggal dan sekolah, (2) orang tua tidak menurunkan bahasa daerah kepada anak, (3) hendak merahasiakan pembicaraan, (4) penguasaan bahasa yang sama, (5) penguasaan bahasa yang berbeda, (6) kebiasaan berbahasa, (7) untuk mempermudah komunikasi, (8) motivasi, dan (9) ingin mewariskan bahasa daerah kepada anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSISTENSI TARI SEKAPUR SIRIH DI KECAMATAN KEJURUAN MUDA KABUPATEN ACEH TAMIANG (VINIYA RIZKY, 2015)

EVALUASI KEMAMPUAN LARI 50 METER SISWA SMP NEGERI 1 KEJURUAN MUDA KABUPATEN ACEH TAMIANGRNTAHUN PELAJARAN RN2013/2014 (DALIATI, 2015)

ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHATANI KARET RAKYAT DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (Dian Rahmita Sari, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDA (NAPIAH, 2014)

ANALISIS NILAI TAMBAH PENGOLAHAN NIRA DARI LIMBAH BATANG KELAPA SAWIT MENJADI GULA MERAH (STUDI KASUS PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI DESA GERENGGAM KECAMATAN KEJURUAN MUDA KABUPATEN ACEH TAMIANG) (Mirasarlina, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy