//

HUBUNGAN PENGETAHUAN, PENDIDIKAN DAN AKSEPTABILITAS DENGAN PEMAKAIAN INTRA UTERINE DEVICE DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lia Anggraini - Personal Name
SubjectCONTRACEPTIVE DRUGS-HEALTH
ACCEPTORS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pola penggunaan kontrasepsi di Indonesia masih didominasi oleh kontrasepsi hormonal dan bersifat jangka pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan, pendidikan dan akseptabilitas dengan pemakaian IUD di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik observasional dengan menggunakan desain Cross Sectional Survey. Sampel terdiri dari 33 responden yang dipilih dengan cara Accidental Sampling. Analisis data menggunakan Fisher’s Exact Test pada interval kepercayaan 95% dengan α=0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan 21,21% menggunakan kontrasepsi IUD dan 78,79% menggunakan jenis kontrasepsi lain. Hasil uji statistik penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara akseptabilitas dengan pemakaian IUD (p value 0,003), tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan pemakaian IUD (p value 0,670) dan tidak terdapat hubungan antara pendidikan dengan pemakaian IUD (p value 1,000). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara akseptabilitas dengan pemakaian IUD dan tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dan pendidikan dengan pemakaian IUD. Kata kunci: pemakaian IUD, akseptor, Puskesmas Kuta Alam

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS KONSELING TERHADAP PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI INTRA UTERINE DEVICE (IUD) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (AZIZAH TURZANNA, 2016)

HUBUNGAN USIA, PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN PENDAPATAN DENGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2014 (zaini ahmad, 2014)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN STIMULASI KECERDASAN PRALAHIR DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2012 (Zamharira Al Marabi, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG DEMAM DENGAN KEMAMPUAN IBU MERAWAT ANAK DEMAM DI PUSKESMAS KUTA ALAM KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (CUT SAFRINA, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN USIA TERHADAP PENGETAHUAN WANITA TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DI PUSKESMAS KUTA ALAM (Putri Nurrizky, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy