//

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN GEJALA INSOMNIA PADA LANSIA DI UPTD RUMOH RNSEJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA RNACEH DAN UPTD PANTI SOSIAL RNTRESNA WERDHA BELAI KASIH RNKAB. BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAUZIATUL AMRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Lanjut usia mempunyai kecenderungan terjadinya kecemasan dan insomnia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan dan gejala insomnia. ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan sampel 70 responden diambil secara total sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Tingkat kecemasan diukur menggunakan kuesioner HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) sedangkan insomnia menggunakan kuesioner IRS (Insomnia Rating Scale). Hasil penelitian didapatkan bahwa responden yang mengalami kecemasan sebanyak 75,7% dan insomnia 87,1%. Hasil tabulasi silang didapatkan 17 responden yang tidak kecemasan tetapi mengalami insomnia ringan 82,4%, insomnia sedang 11,8%, insomnia berat 5,9%. Kemudian 20 responden mengalami kecemasan ringan tetapi tidak insomnia 25,0%, insomnia ringan 40,0%, insomnia sedang 35,0%. 19 responden mengalami kecemasan sedang tetapi tidak insomnia 15,8%, insomnia ringan 10,5%, insomnia sedang 47,4%, insomnia berat 26,3%. 14 responden mengalami kecemasan berat tetapi tidak insomnia 12,9%, insomnia ringan 14,3%, insomnia sedang 42,9%, insomnia berat 35,7%. Data dianalisis dengan menggunakan Chie Square dan diperoleh nilai p value = 0,000 artinya semakin berat kecemasan pada lansia semakin berat pula timbul insomnia. Kata Kunci: Lanjut Usia, Kecemasan, Insomnia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN STRESSOR PADA LANSIA YANG TINGGAL DI RUMAH BERSAMA KELUARGA DAN DI UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2012 (ZUHAIRA F, 2014)

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN DEMENSIA PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KAREENG 2015 (aditya, 2015)

KONDISI PSIKOLOGIS LANSIA YANG DEPRESI DAN UPAYA PENANGANANNYA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MAULA ARIFA, 2018)

PERBANDINGAN TINGKAT KECEMASAN PADA LANJUT USIA YANG TINGGAL DI PANTI WERDHA UPTD RUMOH SUJAHTERA GEUNASAH SAYANG DENGAN YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DI DESA LAMGLUMPANG BANDA ACEH (Rifai Alamsyah Harahap, 2014)

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy