//

ANALISIS PERBANDINGAN METODE STANDARD PROCTOR DAN MODIFIED PROCTOR TERHADAP TANAH DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI SEMEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Qudratul Fajri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tanah merupakan komponen yang sangat penting dalam teknik sipil, selain dapat dijadikan sebagai bahan konstruksi, tanah dapat pula berfungsi sebagai lokasi dari suatu konstruksi. Dalam pekerjaan sangat diperhitungkan kondisi tanah, jenis tanah dan parameter tanah. Tanah merupakan elemen terakhir yang menerima distribusi beban langsung dari konstruksi diatasnya, sehingga daya dukung tanah dan pemadatan tanah mampu memikul beban konstruksi diatasnya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh semen sebagai bahan stabilisasi pada tanah Cot Seunong. Pemilihan tanah tersebut karena banyak digunakan sebagai bahan timbunan pada bangunan dan penimbunan badan jalan pada wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Semen (cement) adalah hasil industri dari paduan bahan baku: batu kapur/gamping sebagai bahan utama dan lempung/tanah liat atau bahan pengganti lainnya dengan hasil akhir berupa padatan berbentuk bubuk/bulk, tanpa memandang proses pembuatannya, yang mengeras atau membatu pada pencampuran dengan air, dan Semen (cement) juga suatu bahan perekat yang berbentuk serbuk halus, bila ditambah air akan terjadi reaksi hidrasi sehingga dapat mengeras dan digunakan sebagai pengikat (mineralglue). Penelitian ini menggunakan semen dengan persentase sebesar 0% 3% 6% 9% 12%. Penelitian ini dimulai dengan memeriksa sifat-sifat fisis dan pengujian pemadatan. Pengujian sifat-sifat fisis meliputi pengukuran berat jenis, batas cair, batas plastis dan pembagian butir. Hasil pengujian sifat-sifat fisis tanah Cot Seunong yang di peroleh berat jenis 2,665, batas cair 66,00 %, batas plastis 25,99 %, indeks plastis 40,01 %, dan lolos saringan No.200 86,266 %. Adapun menurut sistem klasifikasi AASHTO tanah ini tergolong kelompok A-7-6(28), sedangkan menurut sistem klasifikasi USCS tanah Cot Seunong tergolong dalam tanah lempung anorganik plastisitas tinggi (CH). Berdasarkan hasil pengujian standar proctor dan modified proctor diperoleh bahwa berat volume tanah kering maksimum makin meningkat dengan bertambahnya persentase semen. Sedangkan untuk kadar air optimum makin menurun seiring dengan bertambahnya semen. Hal ini menyebabkan bahwa semen berpengaruh pada tanah Desa Cot Seunong.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN KEPADATAN MAKSIMUM BERDASARKAN MODIFIED PROCTOR DENGAN SARINGAN YANG SAMA MENGGUNAKAN SNI-1743-2008 (CARA A DAN B) (Haris Munandar, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN KEPADATAN NILAI MODIFIED PROCTOR DAN STANDARD PROCTOR DI LABORATORIUM DENGAN KEPADATAN NILAI SAND CONE DI LAPANGAN (Hendra Syahputra, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN METODE STANDARD PROCTOR DAN MODIFIED PROCTOR TERHADAP TANAH DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI SEMEN (Qudratul Fajri, 2015)

ANALISIS PERBANDINGAN KEPADATAN MAKSIMUM BERDASARKAN MODIFIED PROCTOR DENGAN SARINGAN YANG BERBEDA MENGGUNAKAN SNI-1743-2008 (CARA A DAN C) (Jumelia Ardika, 2016)

ANALISIS NILAI CBR UNSOAKED TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI DENGAN ZEOLIT PADA KEPADATAN SISI KERING (Riski Mahazir, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy