//

HUBUNGAN STATUS SOSIODEMOGRAFI DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Lamia Isnaini - Personal Name
SubjectELDERLY
DEPRESION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Proporsi lansia meningkat dari tahun ke tahun dan diikuti oleh berbagai masalah termasuk masalah psikologis. Depresi merupakan salah satu masalah psikologis yang paling umum terjadi pada lansia dan ditandai dengan perasaan kesedihan, tidak semangat dan putus asa. Faktor status sosiodemografi (usia, jenis kelamin, dukungan keluarga, status perkawinan, dan pendidikan) merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap timbulnya depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status sosiodemografi dengan tingkat depresi pada lansia di panti jompo Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dan menggunakan metode cross-sectional survey. Data dianalisis dengan uji Kolmogorov-smirnov pada sampel yang berjumlah 23 orang. Persentase depresi adalah 62,2% dan terdiri dari depresi ringan 56,5%, depresi sedang 21,7%, dan depresi berat 21,7%. Hasil uji statistik mendapatkan hubungan bermakna antara dukungan keluarga dengan tingkat depresi ( p value 0,038). Pada penelitian ini tidak didapatkan hubungan bermakna antara usia (p value 0,992), jenis kelamin (p value 1,000), status perkawinan (p value 1,000), dan pendidikan (p value 0,166) dengan tingkat depresi pada lansia di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh. Edukasi tentang menjaga kesehatan jiwa dan fisik kepada para lansia dan diikuti dukungan keluarga yang baik membuat kualitas hidup lansia menjadi lebih baik. Kata kunci: Status Sosiodemografi, depresi, lansia

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STATUS SOSIODEMOGRAFI DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Cut Lamia Isnaini, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FUNGSI KOGNITIF USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG KOTA BANDA ACEH (Zahriani Ulfa, 2015)

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (feriandi handuga, 2018)

KONDISI PSIKOLOGIS LANSIA YANG DEPRESI DAN UPAYA PENANGANANNYA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MAULA ARIFA, 2018)

HUBUNGAN LAMA TINGGAL DI PANTI DENGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Adelya Suherlin, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy