//

EVALUASI KINERJA RUAS JALAN PERKOTAAN DAN RNBIAYA PERJALANAN AKIBAT TUNDAANRN(STUDI KASUS RUAS JALAN SISINGAMANGARAJA, MEDAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARMANTON MARAJON SIMANJUNTAK - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
ROADS-ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

EVALUASI KINERJA RUAS JALAN PERKOTAAN DAN BIAYA PERJALANAN AKIBAT TUNDAAN (Studi Kasus Ruas Jalan Sisingamangaraja, Medan) Oleh : Armanton Marajon Simanjuntak NIM : 1209200060113 Komisi Pembimbing : Dr. Renni Anggraini, S.T., M.Eng Dr. Irin Caisarina, S.T., M.Sc ABSTRAK Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang sangat penting dalam menunjang kegiatan manusia baik dalam bidang sosial, politik, dan ekonomi. Semakin tinggi populasi manusia mengakibatkan kebutuhan akan transportasi pun meningkat. Kondisi yang terjadi pada ruas Jalan Sisingamangaraja, Medan dengan jumlah kendaraan yang terus bertambah, namun prasarana yang ada pada ruas jalan tersebut tidak mengalami penambahan kapasitas dan masih banyaknya angkutan umum yang menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarangan tempat, juga terdapat di beberapa titik ruas jalan yang mengalami kerusakan sehingga kendaraan yang melintasi mengurangi laju kendaraannya. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah evaluasi kinerja jalan mengenai penyebab dan dampak dari kemacetan sehingga terjadi antrian kendaraan serta biaya operasional kendaraan (BOK) yang dikeluarkan akibat kemacetan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja ruas jalan Sisingamangaraja dan mengevaluasi besarnya biaya perjalanan akibat tundaan yang terjadi pada ruas jalan tersebut . Metode penelitian berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan perhitungan BOK dari Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri I nstitut Teknologi Bandung, LAPI ITB. Hasil penelitian untuk kinerja jalan pada ruas jalan tersebut dengan kondisi kelas hambatan samping yang tinggi dengan DS ter tinggi > 0,75 dikarenakan hambatan samping tinggi di sisi jalan yang merupakan lokasi loket bus besar dan aktifitas seperti terminal yang sangat mengganggu arus lalu lintas. Nilai BOK pada kondisi existing arah Medan – Tj. Morawa sebesar Rp 7.322.590.368/tahun dan BOK arah Tj. Morawa – Medan sebesar Rp 6.852.401.163/tahun . Nilai BOK pada kondisi kecepatan rencana arah Medan – Tj. Morawa sebesar Rp 2.623.568.574/tahun dan BOK arah Tj. Morawa – Medan sebesar Rp 2.650.479.711/tahun . Selisih BOK yang didapatkan untuk arah Medan – Tj. Morawa adalah sebesar Rp 4.699.021.794/tahun. Sedangkan untuk arah Tj. Morawa – Medan adalah sebesar Rp 4.201.921.452/tahun . Besarnya pertambahan nilai BOK yang mencapai lebih dari dua kali lipat dari BOK kecepatan rencana disebabkan oleh kinerja jalan yang buruk serta hambatan samping yang tinggi sehingga kecepatan semakin rendah akibat tundaan tersebut. Kata Kunci : Kinerja Jalan, Kemacetan, Biaya Operasional Kendaraan (BOK) .

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KINERJA JALAN NASIONAL DI KAWASAN PASAR MODERN LAMBARO (Muhammad Nur, 2015)

KAJIAN MANFAAT PENINGKATAN JALAN ALTERNATIF BERDASARKAN ANALISA CONSUMER SURPLUS DALAM EKONOMI TRANSPORTASI (STUDI KASUS RUAS JALAN MEULABOH – GEUMPANG – SIGLI) (HENDRA SAPUTRA, 2019)

KAJIAN MANFAAT PEMBANGUNAN JALAN ALTERNATIF BERDASARKAN ANALISA CONSUMER SURPLUS DALAM EKONOMI TRANSPORTASI(STUDI KASUS RUAS JALAN BANDA ACEH – KRUENG RAYA – LAWEUNG – SIGLI) (T. Ikhsan, 2015)

MITIGASI TINGKAT KEBISINGAN YANG DIHASILKAN DARI AKTIVITAS TRANSPORTASI (STUDI KASUS PADA SEBAGIAN RUAS JALAN : MANEK ROO, SISINGAMANGARAJA DAN GAJAH MADA MEULABOH) (Muhammad Kurnia, 2018)

STUDI BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN NILAI WAKTU PERJALANAN RUAS JALAN SIMPANG WER LAH – SIMPANG LANCANG KABUPATEN BENER MERIAH (Mudji Burrahman, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy