//

HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN SIAP SAJI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR USIA 10-12 TAHUN RNDI KECAMATAN BAITURRAHMANRNBANDA ACEH TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INTAN RIZKA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Obesitas merupakan suatu kondisi dimana terjadi penimbunan jaringan lemak dalam tubuh. Faktor yang menyebabkan obesitas adalah berlebihnya konsumsi makanan siap saji, kurangnya aktivitas fisik, budaya, industri, dan faktor genetik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dan konsumsi makanan siap saji dengan obesitas pada anak sekolah dasar umur 10-12 tahun di Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh Tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 9-21 Februari 2015. Penelitian ini menggunakan kuesioner Physical Activity Questionnaire of Children (PAQ-C), Food Frequency Questionnaire (FFQ) dan tabel standar IMT/U Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sampel penelitian sebanyak 78 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 78 responden ditemukan 12 responden (15,4%) obesitas, 14 responden (17,9%) gemuk, 49 responden (62,8%) normal, dan 3 responden (3,8%) kurus. Responden dengan aktivitas fisik tingkat ringan sejumlah 33 orang diantaranya mengalami obesitas sebanyak 9 orang (27,3%) dan gemuk sebanyak 9 orang (27,3%). Responden dengan konsumsi makanan siap saji tingkat sering sejumlah 25 orang diantaranya mengalami obesitas sebanyak 8 orang (32%) dan gemuk sebanyak 5 orang (20%). Hasil analisis data menggunakan uji chi-square (α=0,05) menunjukkan terdapatnya hubungan antara aktivitas fisik dengan kejadian obesitas (p value = 0,003) dan terdapatnya hubungan antara konsumsi makanan siap saji dengan kejadian obesitas (p value = 0,008) pada anak sekolah dasar umur 10-12 tahun di Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh Tahun 2015. Kata Kunci: aktivitas fisik, konsumsi makanan siap saji, obesitas, PAQ-C, FFQ

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI DENGAN OBESITAS PADA ANAK USIA PRA-REMAJA RN(USIA 10 – 12 TAHUN) DI BANDA ACEH (Annisa F. Sharfina, 2015)

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DAN OBESITAS PADA ANAK UMUR 10-12 TAHUN DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Andesta Mutia Ulva, 2014)

HUBUNGAN KEBIASAAN MAKAN MAKANAN CEPAT SAJI DENGAN OBESITAS PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Hafsh Fajry Haffas, 2014)

HUBUNGAN RIWAYAT KELUARGA, KONSUMSI SERAT DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN DERAJAT OBESITAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RIAN NANDA PUTRA, 2017)

HUBUNGAN KONSUMSI JUNK FOOD DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP OBESITAS REMAJA DI BANDA ACEH (Thesa Ananda Prima, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy