UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (ANNONA MURICATA L.) TERHADAP LARVA AEDES AEGYPTI L. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (ANNONA MURICATA L.) TERHADAP LARVA AEDES AEGYPTI L.


Pengarang

Dina Marselina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1307101030012

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

615.321

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sirsak merupakan tumbuhan yang memiliki efek larvasida. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efek larvasida ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata L.) terhadap larva nyamuk Aedes aegypti L. instar III. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata L.) 100 ppm, 250 ppm, 500 ppm, 1000 ppm, 1500 ppm, kontrol positif (abate) dan kontrol negatif (aquades). Data yang dihasilkan dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Analysis of Variance (Anova) dan analisis probit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol daun Annona muricata L. dapat menyebabkan kematian larva Aedes aegypti L. dengan Fhitung sebesar 894, 167. Hasil analisa probit menunjukkan nilai LC50 dari ekstrak etanol daun Annona muricata L. adalah sebesar 191, 458 ppm. Daya larvasida daun Annona muricata L. berasal dari senyawa metabolit berupa flavonoid, saponin, tanin, dan steroid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak etanol daun Annona muricata L. berpengaruh terhadap kematian larva Aedes aegypti L. dan aktif sebagai larvasida.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK