//

PERENCANAAN BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN ALAT BERAT (STUDI KASUS PROYEK PENINGKATAN SARAN DAN PRASARANA PEMUKIMAN TRANSMIGRASI KECAMATAN GEMPANG KABUPATEN PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Deki Kartika - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Waktu dan biaya sangat penting diperhatikan dalam pelaksanaan proyek konstruksi untuk itu waktu dan biaya pelaksanaan pekerjaan harus direncanakan dengan baik. Pemakaian alat berat merupakan salah satu upaya untuk optimalisasi waktu dan biaya, sehingga pekerjaan dapat lebih optimal. Peramasalahan yang timbul adalah bagaimana merencanakan waktu dan biaya pelaksanaan pekerjaan berdasarkan pemakaian peralatan, sehingga pekerjaan dapat lebih optimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai waktu dan biaya pelaksanaan alat berat serta penjadwalan pelaksanaannya. Ruang lingkup pekerjaan yang ditinjau pada Proyek Prasarana Pemukiman Transmigrasi Kecamatan Gempang Kabupaten Pidie tahun 2015, berupa jalan dengan panjang 1510 m terdiri dari pekerjaan lapisan pondasi agregat kelas B dan lapisan pondasi agregat kelas A. Pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan tersebut memerlukan peralatan berat seperti wheel loader, dump truck, motor grader, tandem roller, dan water tank. Metode penjadwalan yang digunakan adalah Linear Scehduling Methode (LSM). Setelah menghitung produktifitas , durasi dan biaya masing masing pekerjaan, didapat waktu mulai dan selesai masing masing pekejaan. Hasil setelah dijadwalkan didapat, waktu pengunaan peralatan masing masing pekerjaan sebagai berikut : waktu pekerjaan lapisan pondasi agregat B selama 6 hari dan pekerjaan lapisan pondasi agregat A selama 4 hari. Maka total durasi yang di rencanakan untuk menyelesaikan item pekerjaan tersebut dengan metode Linear scheduling methode (LSM) adalah 10 hari dengan total biaya RP. 35.629.187,04.00 . Kata Kunci : Waktu, Alat Berat, Biaya, Lapisan Pondasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI PROYEK DENGAN CRITICAL PATH METHOD (CPM)(STUDI KASUS PEMBANGUNAN RUMAH SEHAT SEDERHANA GP. ULEE TUTUE AREE, KEC. DELIMA, KAB. PIDIE ) (Minsyahril Muntasin, 2017)

PERKEMBANGAN PEMUKIMAN TRANSMIGRASI DI KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH 1982-2014 (nurul fitri, 2014)

PERENCANAAN BIAYA DAN WAKTU PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PROYEK JALAN LINGKAR DARUSSALAM (Ririn Putri Anjani, 2021)

PERENCANAAN BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN ALAT BERAT PADA PROYEK PENINGKATAN STRUKTUR JALAN KELILING PULAU WEH (BALOHAN-SABANG) (Mutawakkil Billah, 2015)

ANALISA WAKTU PEMBANGUNAN GEDUNG KULIAH BARU FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHAP III DENGAN MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) (Shyntia Cikita Makhfirah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy