KAJIAN KECEPATAN KENDARAAN DAN PENGARUHNYA RNTERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) RNDI JALAN T. ISKANDAR KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KAJIAN KECEPATAN KENDARAAN DAN PENGARUHNYA RNTERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) RNDI JALAN T. ISKANDAR KOTA BANDA ACEH


Pengarang

HADI SURYA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0909200060058

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Prog. Studi Magister Teknik Sipil., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KAJIAN KECEPATAN KENDARAAN DAN PENGARUHNYA
TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MINYAK (BBM)
DI JALAN T. ISKANDAR KOTA BANDA ACEH
Oleh :
Hadi Surya
NIM. 0909200060058
Komisi Pembimbing :
1. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc. Eng
2. Dr. Renni Anggraini, ST, M. Eng
ABSTRAK
Jalan T. Iskandar kota Banda Aceh termasuk jalan yang padat dilalui oleh
kendaraan, karena letaknya berada di salah satu daerah dengan guna lahan
pemukiman terbesar di kota Banda Aceh yang sebagian besar penduduknya setiap
hari melakukan perjalanan menuju pusat kota untuk bekerja, sekolah, dll . Lintasan
sepanjang jalan ini juga terdapat pertokoan yang menjadi pusat perdagangan dan
jasa. Peningkatan volume lalu lintas di Jalan T. Iskandar menyebabkan terjadinya
kemacetan di sepanjang Jalan T. Iskandar yang pada akhirnya menimbulkan
penurunan kecepatan kendaraan yang berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM
yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja jalan dan
hubungan kecepatan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM)
kendaraan. Pengamatan data volume lalu lintas, kecepatan perjalanan dan
hambatan samping dilakukan pada hari Rabu dan Minggu jam 07.00-18.00 wib.,
untuk menghitung kinerja jalan tinjauan dengan menggunakan metode Manual
Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, dan juga menghitung konsumsi BBM
kendaraan dengan metode Pasific Consultant International (PCI) 1988 untuk
mengetahui hubungan kecepatan kendaraan dengan konsumsi BBM kendaraan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja jalan T. Iskandar pada volume
puncak hari Minggu arah Sp. Beurawe ke Sp. BPKP (meninggalkan kota), dimana
Q = 1275,75 smp/jam dengan nilai derajat kejenuhan 0,81 dan termasuk kategori
D. Hasil perhitungan konsumsi BBM dengan menggunakan persamaan konsumsi
BBM yang telah dikalibrasi (Y = 0,0001V
2
– 0,0100V + 0,4199) didapat tingkat
konsumsi BBM rata-rata berbanding terbalik dengan kecepatan kendaraan.
Sedangkan tingkat konsumsi BBM yang berbanding lurus dengan kecepatannya,
dengan nilai tertinggi terjadi pada hari Minggu jam 07.00-08.00 wib. untuk arah
Sp. BPKP ke Sp. Beurawe (menuju kota) pada kecepatan 77,7839 km/jam
dengan konsumsi BBM 0,1851 li ter/kendaraan/1,56 km , karena pada hari dan jam
analisis tersebut tingkat kecepatan sudah melebihi titik puncak (balik) pada
kecepatan 56,4371 km/jam dan konsumsi BBM 0,1371 li ter/kendaraan/ 1,56 km .
Kata kunci : Kinerja jalan, volume lalu lintas, kecepatan perjalanan,
hambatan samping, konsumsi bahan bakar minyak (BBM)
kendaraan, titik puncak (balik).
vii
STUDY OF VEHICLES SPEED
AND EFFECT ON CONSUMPTION OF FUEL OIL ( BBM )
IN THE CITY STREET T. ISKANDAR BANDA ACEH
By :
Hadi Surya
Student Reg. Number. 0909200060058
Commission Advisor :
1. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc. Eng
2. Dr. Renni Anggraini, ST, M. Eng
ABSTRACT
T. Iskandar streets of Banda Aceh including congested roads traveled by vehicles,
because it is located in one of the areas with the largest residential land in the city
of Banda Aceh are predominately every day to travel towards the city center for
work, school, etc. Tracks along this road there are also shops at the center of trade
and services. Increased volume of traffic in road T. Iskandar cause congestion
along road T. Iskandar, which in turn lead to a decrease in the speed of the vehicle
that affect the rate of fuel consumption increases. This study aims to analyze the
performance of the road and vehicle speed relationship with the consumption of
fuel oil (BBM) vehicles. Observation of data traffic volume , travel speed and side
barriers, conducted on Wednesday and Sunday at 7:00 to 18:00 pm., to calculate
the performance of the review by using the Indonesian Highway Capacity Manual
( IHCM ) in 1997, and also calculate the fuel consumption of the vehicle with the
method of the Pacific Consultant International ( PCI ) in 1988 to determine the
relationship of the speed of the vehicle with a fuel consumption of vehicles. The
results showed that the performance of the T. Iskandar on Sunday toward the peak
volume Sp. Beurawe to Sp. BPKP (leaving the city), where Q = 1275.75 smp /
hour with the degree of saturation of 0.81 and including category D. The results of
calculations using the equations fuel consumption fuel consumption has been
calibrated (Y = 0.0001V
2
– 0.0100V + 0.4199) obtained the level of the average
fuel consumption is inversely proportional to the speed of the vehicle. While the
rate of fuel consumption is directly proportional to the speed, with the highest
value occurred on Sunday at 07:00 to 08:00 pm. for directions BPKP corner to
Beurawe corner (towards the city) at a speed of 77.7839 km / h with a fuel
consumption of 0.1851 liters / vehicle / 1.56 km, because in the days and hours of
the analysis the rate has exceeded the peak point (behind) on the speed of 56.4371
km / h and fuel consumption is 0.1371 liters / vehicle / 1.56 km.
Keywords: Performance road, traffic volume, travel speed, the side barriers,
consumption of fuel oil (BBM) vehicles, turning points (peaks).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK