//

HUBUNGAN CUCI TANGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI USIA DI BAWAH TIGA TAHUN (BATITA) DI PUSKESMAS DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Karina Nuzulyanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Diare merupakan penyebab utama kematian di dunia dan masih menjadi masalah utama pada balita terhitung 5-10 juta kematian/tahun. Pada umumnya kematian disebabkan karena dehidrasi akibat kehilangan cairan dan elektrolit tubuh secara berlebihan. Kejadian pada anak terus meningkat di Indonesia menggambarkan bahwa terbatasnya kesadaran dan pengetahuan ibu akan kebersihan dalam pencegahan diare salah satunya kurangnya pemahaman mengenai cara cuci tangan secara baik dan benar menggunakan air bersih dan mengalir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan cuci tangan dengan kejadian diare pada batita di Puskesmas Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara non probability sampling dengan teknik accidental sampling, sampel pada penelitian ini terdiri dari 40 responden dengan uji statistik yang digunakan chi square test. Hasil penelitian menunjukkan batita yang menderita diare adalah sebanyak 24 batita (60%), ibu yang perilaku cuci tangan yang kurang baik 82,4% batita mengalami diare, dan ibu yang perilaku cuci tangan baik hanya 43,5% batita mengalami diare, (p-value = 0,013). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan cuci tangan dengan kejadian diare pada batita di Puskesmas Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Kata kunci : Diare, cuci tangan, Puskesmas Darul Imarah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK USIA 0-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (VERA RIZKI, 2016)

HUBUNGAN JENIS PEMBERIAN MP-ASI DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (Yusra, 2014)

HUBUNGAN KETERSEDIAAN FASILITAS DENGAN PERILAKU CUCI TANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR BANDA ACEH (HAYATUN NUFUS, 2017)

GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN PENYAKIT KRONIS DI PUSKESMAS DARUL IMARAH KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR TAHUN 2013 (Irma Junita, 2013)

HUBUNGAN UPAYA PENCEGAHAN DENGAN DIARE BERULANG PADA ANAK USIA 6 – 24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2012 (LINDA KHAIRANI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy