PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA GURU SENI BUDAYA DALAM BIDANG SENI MUSIK DI SMA NEGERI SE KOTA ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA GURU SENI BUDAYA DALAM BIDANG SENI MUSIK DI SMA NEGERI SE KOTA ACEH TENGAH


Pengarang

TRIA AYU DINI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106102030013

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Media Ajar pada Guru Seni Budaya dalam Bidang Seni Musik Se Kota Aceh Tengah”. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana penggunaan media dalam pembelajaran seni musik di SMA Negeri Se Kota Aceh Tengah dan Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi guru pada penggunaan media dalam pembelajaran seni musik di SMA Negeri Se Kota Aceh Tengah. Tujuan dalam penelitian ini mendiskripsikan penggunaan media dalam pembelajaran seni musik, dan hambatan-hambatan yang mejadi upaya menggunakan media ajar oleh guru seni budaya Se Kota Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dari 5 SMA Se Kota Aceh Tengah yaitu: SMA Negeri 1 Takengon, SMA Negeri 2 Takengon, SMA Negeri 4 Takengon, SMA Negeri 8 Takengon, dan SMA Negeri 12 Takengon. Penggunaan media pembelajaran seni musik dengan menggunakan media ajar mengalami perkembangan, dimana materi pembelajaran dilakukan oleh guru sesuai dengan materi dan media ajar. Sekolah-sekolah memiliki media pembelajaran yang berbeda-beda diantaranya, SMA Negeri 1 Takengon memiliki jenis alat musik seperti, gitar, gendang, bambam, teganing, angklung, keyboard, kerincing, rebana, biola. SMA Negeri 2 Takengon memiliki jenis alat musik seperti keyboard, suling, rebana, gitar, rekorder. SMA Negeri 4 Takengon memiliki jenis alat musik seperti rekorder, biola, gendang, gitar, bambam, teganing, canang, gong, rapa’i. SMA Negeri 8 Takengon memiliki jenis alat musik seperti gitar, teganing, gendang, suling, gong, canang, rekorder, biola, bambam, rapa’i. pianika, keyboard. SMA Negeri 12 Takengon memiliki jenis alat musik seperti gitar, keyboard, pianika, rebana, kerincing, taktuk dan suling. Masing-masing sekolah memiliki media pembelajaran yang berbeda-beda hal ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya masalah ekonomi dan kurangnya kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran. Hambatan-hambatan yang dialami guru dalam menggunakan media pembelajaran antara lain: (1) guru merasa repot dalam menggunakan media ajar, (2) mahalnya media ajar, (3) guru tidak bisa menggunakan media ajar, (4) tidak tersedianya fasilitas di sekolah. Jadi, kesimpulannya penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam mata pelajaran khsusnya dalam bidang seni musik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK