//

PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA GURU SENI BUDAYA DALAM BIDANG SENI MUSIK DI SMA NEGERI SE KOTA ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TRIA AYU DINI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TEACHER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Media Ajar pada Guru Seni Budaya dalam Bidang Seni Musik Se Kota Aceh Tengah”. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana penggunaan media dalam pembelajaran seni musik di SMA Negeri Se Kota Aceh Tengah dan Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi guru pada penggunaan media dalam pembelajaran seni musik di SMA Negeri Se Kota Aceh Tengah. Tujuan dalam penelitian ini mendiskripsikan penggunaan media dalam pembelajaran seni musik, dan hambatan-hambatan yang mejadi upaya menggunakan media ajar oleh guru seni budaya Se Kota Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dari 5 SMA Se Kota Aceh Tengah yaitu: SMA Negeri 1 Takengon, SMA Negeri 2 Takengon, SMA Negeri 4 Takengon, SMA Negeri 8 Takengon, dan SMA Negeri 12 Takengon. Penggunaan media pembelajaran seni musik dengan menggunakan media ajar mengalami perkembangan, dimana materi pembelajaran dilakukan oleh guru sesuai dengan materi dan media ajar. Sekolah-sekolah memiliki media pembelajaran yang berbeda-beda diantaranya, SMA Negeri 1 Takengon memiliki jenis alat musik seperti, gitar, gendang, bambam, teganing, angklung, keyboard, kerincing, rebana, biola. SMA Negeri 2 Takengon memiliki jenis alat musik seperti keyboard, suling, rebana, gitar, rekorder. SMA Negeri 4 Takengon memiliki jenis alat musik seperti rekorder, biola, gendang, gitar, bambam, teganing, canang, gong, rapa’i. SMA Negeri 8 Takengon memiliki jenis alat musik seperti gitar, teganing, gendang, suling, gong, canang, rekorder, biola, bambam, rapa’i. pianika, keyboard. SMA Negeri 12 Takengon memiliki jenis alat musik seperti gitar, keyboard, pianika, rebana, kerincing, taktuk dan suling. Masing-masing sekolah memiliki media pembelajaran yang berbeda-beda hal ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya masalah ekonomi dan kurangnya kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran. Hambatan-hambatan yang dialami guru dalam menggunakan media pembelajaran antara lain: (1) guru merasa repot dalam menggunakan media ajar, (2) mahalnya media ajar, (3) guru tidak bisa menggunakan media ajar, (4) tidak tersedianya fasilitas di sekolah. Jadi, kesimpulannya penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam mata pelajaran khsusnya dalam bidang seni musik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA PEMBELAJARAN SBDP (SENI BUDAYA DAN PRAKARYA) PADA MATERI SENI TARI DI SD SE-KECAMATAN BINTANGKABUPATEN ACEH TENGAH (SUS ARMADANI, 2015)

PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK SE-KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (AFRIDA SAFITRI, 2015)

BANDA ACEH ART DEVELOPMENT CENTRE (Eddy Mahfud, 2014)

PERANCANGAN INSTITUT SENI MUSIK DI BANDA ACEH (Maulya Ridwan, 2018)

PENERAPAN KURIKULUM 2013 BIDANG STUDI SENI BUDAYA DI SMP KELAS VII SEKABUPATEN NAGAN RAYA (RIKA NURLISMA HN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy