CARA MENGAJAR GURU PPL PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMFASILITASI GAYA BELAJAR SISWA RSBI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

CARA MENGAJAR GURU PPL PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMFASILITASI GAYA BELAJAR SISWA RSBI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012


Pengarang

Nurul Fajriah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103020076

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.102

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : Cara mengajar dan gaya belajar

Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dalam hal ini gaya belajar juga termasuk faktor penunjang belajar yang penting. Gaya belajar merupakan kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap, mengatur dan mengolah informasi. Penelitian ini berkaitan dengan cara mengajar guru PPL pelajaran matematika dalam memfasilitasi gaya belajar siswa, antara lain gaya belajar tipe visual, auditori, dan kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengajar guru PPL pelajaran matematika dalam memfasilitasi gaya belajar siswa RSBI SMP Negeri 1 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah 1 guru PPL pelajaran matematika dan 53 siswa RSBI kelas VIII SMP negeri 1 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan mengajar guru, angket gaya belajar siswa, soal tes, dan wawancara. Lembar observasi mengajar guru, hasil tes, dan hasil wawancara dianalisis secara deskriptif dan hasil angket gaya belajar siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Dari pengolahan data diketahui bahwa cara mengajar guru matematika adalah campuran dominan antara visual dan auditori. Kecenderungan gaya belajar siswa RSBI SMP Negeri 1 Banda Aceh Adalah 41,51% tipe visual, 30,19% tipe auditori, dan 28,30% tipe kinestetik. Ketuntasan yang dicapai secara klasikal sebanyak 60,38%. Ketuntasan yang dicapai siswa tipe visual sebanyak 72,72%, siswa tipe auditori sebanyak 62,5%, dan siswa tipe kinestik sebanyak 40% dengan rata-rata nilai untuk tipe visual sebanyak 81,45, tipe auditori sebanyak 79,06, dan tipe kinestetik sebanyak 76,27. Berdasarkan hasil wawancara dan respon dari siswa, hampir semua siswa tipe visual sangat menyukai cara mengajar guru matematika dan sebagian dari siswa tipe auditori juga menyukai tapi hanya sebagian kecil siswa tipe kinestetik yang menyukai cara mengajar guru PPL pelajaran matematika di kelas.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK