Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
CARA MENGAJAR GURU PPL PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMFASILITASI GAYA BELAJAR SISWA RSBI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012
Pengarang
Nurul Fajriah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0806103020076
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.102
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : Cara mengajar dan gaya belajar
Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dalam hal ini gaya belajar juga termasuk faktor penunjang belajar yang penting. Gaya belajar merupakan kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap, mengatur dan mengolah informasi. Penelitian ini berkaitan dengan cara mengajar guru PPL pelajaran matematika dalam memfasilitasi gaya belajar siswa, antara lain gaya belajar tipe visual, auditori, dan kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengajar guru PPL pelajaran matematika dalam memfasilitasi gaya belajar siswa RSBI SMP Negeri 1 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah 1 guru PPL pelajaran matematika dan 53 siswa RSBI kelas VIII SMP negeri 1 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan mengajar guru, angket gaya belajar siswa, soal tes, dan wawancara. Lembar observasi mengajar guru, hasil tes, dan hasil wawancara dianalisis secara deskriptif dan hasil angket gaya belajar siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Dari pengolahan data diketahui bahwa cara mengajar guru matematika adalah campuran dominan antara visual dan auditori. Kecenderungan gaya belajar siswa RSBI SMP Negeri 1 Banda Aceh Adalah 41,51% tipe visual, 30,19% tipe auditori, dan 28,30% tipe kinestetik. Ketuntasan yang dicapai secara klasikal sebanyak 60,38%. Ketuntasan yang dicapai siswa tipe visual sebanyak 72,72%, siswa tipe auditori sebanyak 62,5%, dan siswa tipe kinestik sebanyak 40% dengan rata-rata nilai untuk tipe visual sebanyak 81,45, tipe auditori sebanyak 79,06, dan tipe kinestetik sebanyak 76,27. Berdasarkan hasil wawancara dan respon dari siswa, hampir semua siswa tipe visual sangat menyukai cara mengajar guru matematika dan sebagian dari siswa tipe auditori juga menyukai tapi hanya sebagian kecil siswa tipe kinestetik yang menyukai cara mengajar guru PPL pelajaran matematika di kelas.
Tidak Tersedia Deskripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)
GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 10 BANDA ACEH (Dewi Arsita, 2020)
MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)
ANALISIS TES MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Suri Khairah, 2014)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I ALAFAN KABUPATEN SIMEULUE TAHUN AJARAN 2011-2012 (ABD. HAMID, 2021)