//

IDENTIFIKASI POTENSI LONGSOR BERDASARKAN DATA POLARISASI TERIMBAS DI KAMPUNG PERSAHABATAN INDONESIA-TIONGKOK, DESA NEUHEN, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Haikal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Longsor merupakan salah satu bencana alam yang sangat berkaitan erat dengan sifat fisik tanah dan batuan yaitu kemiringan lereng, struktur geologi, vegetasi penutup serta faktor beban dan getaran. Pada penelitian ini parameter sifat fisik tanah didekati berdasarkan sifat chargeabilitas menggunakan metode Polarisasi Terimbas (IP). Lokasi penelitian di Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok, Desa Neuhen, Kabupaten Aceh Besar menggunakan konfigurasi Wenner-Schlumberger. Penentuan lintasan pengukuran dilakukan sejajar dengan topografi untuk mendapatkan kemiringan sehingga didapatkan 2 (dua) lintasan dengan panjang 330 meter dengan spasi elektroda 6 meter. Kemudian 1 (satu) lintasan melintang dengan panjang 168 meter dengan spasi elektroda 3 meter menggunakan alat AGI SuperSting R8. Data yang didapat kemudian diolah menggunakan software Res2Dinv sehingga diperoleh model 2D chargeabilitas bawah permukaan daerah penelitian. Hasil interpretasi dari ketiga lintasan menunjukkan lintasan NH 2 dan NH 3 sangat berpotensi terjadinya longsor. Penyebabnya dari kemiringan lereng dan lapisan tanah penyusunnya yang didominasi oleh lapisan lempung dengan nilai chargeabilitas 1-3 msec dan batuan vulkanik 6-9 msec. Lintasan NH 1 didominasi oleh batuan vulkanik tufa yang bersifat labil atau tidak kokoh juga sangat berpotensi terjadinya longsor. Hal ini dikuatkan dengan bukti fisik dari pengamatan langsung di lapangan yang menunjukkan turunnya bagian dari muka jalan (amblesan) sekitar 5 cm pada lintasan pengukuran ini. Kata Kunci: Longsor, Polarisasi Terimbas, chargeabilitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESIAPSIAGAAN PEREMPUAN KAMPUNG PERSAHABATAN INDONESIA-TIONGKOK KECAMATAN MESJID RAYA ACEH BESAR TERHADAP ANCAMAN BENCANA TANAH LONGSOR (Nova Maulida, 2017)

APLIKASI METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS UNTUK POTENSI LONGSOR DI KAWASAN KAMPUNG PERSAHABATAN INDONESIA-TIONGKOK ACEH BESAR (JULI ERLIA, 2018)

APLIKASI METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW) UNTUK IDENTIFIKASI LONGSOR DI PERUMAHAN PERSAHABATAN INDONESIA – TIONGKOK, NEUHEUN, ACEH BESAR (Sailul Rizki, 2018)

IDENTIFIKASI ZONA RAWAN LONGSOR DI KAWASAN GUNUNG PARO, ACEH BESAR MENGGUNAKAN METODE POLARISASI TERIMBAS (MUHAMMAD IKHSAN, 2018)

KESIAPSIAGAAN PEREMPUAN KAMPUNG PERSAHABATAN INDONESIA-TIONGKOK GAMPONG NEUHEUN KECAMATAN MESJID RAYA ACEH BESAR TERHADAP ANCAMAN BENCANA TANAH LONGSOR (Nova Maulida, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy