//

KARAKTERISTIK PENDERITA DEMENSIA VASCULAR PASCA STROKE DI POLI SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ulfah lili andriyani - Personal Name
SubjectSTROKE
CEREBROVASCULAR DISEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Peningkatan usia harapan hidup seseorang sangat berdampak dengan adanya pola penyakit yang diderita dan berkaitan erat dengan usia lanjut. Defisitnya fungsi kognitif merupakan salah satu contoh dan biasanya terjadi setelah adanya serangan stroke. Terjadinya kerusakan jaringan otak yang diakibatkan oleh berkurangnya aliran darah ke otak yang kemudian menganggu kebutuhan darah dan oksigen di jaringan otak akan menimbulkan stroke. Demensia vascular (DVa) merupakan kerusakan otak yang diakibatkan penyakit serebrovascular yang menyebabkan penurunan kognitif dan fungsional.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik penderita demensia vascular pasca stroke di Poliklinik saraf RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional study dengan sampel yang diambil dengan cara consecutive sampling. Penelitian ini menggunakan kuisioner MMSE dan Hachinski Ischaemia Stroke (HIS) dengan metode wawancara terpimpin. Penelitian ini menunjukkan bahwa distribusi frekuensi terbesar pasien DVa adalah laki-laki (58,5%), berumur 60-74 tahun (46,2%), yang berpendidikan tinggi dan bekerja, dengan hasil CT Scan letak infark pada bagian multiple lebih dominan (50,8%). DVa bisa dicegah dengan cara mengendalikan faktor resiko dan dapat meningkatkan usia harapan hidup. Kata kunci: Demensia vascular, karakteristik klinis, serebrovascular.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DERAJAT STROKE TERHADAP STATUS KOGNITIF PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mafruzah Nanda Putri, 2017)

PERBEDAAN STATUS KOGNITIF BERDASARKAN MONTREAL COGNITIVE ASSESSMENT PADA PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DAN STROKE HEMORAGIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mutia Aprilia Ningsih, 2015)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO PADA PENDERITA STROKE DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mufti Syarif Alfanshuri, 2015)

PERBANDINGAN VALIDITAS SYIAH KUALA STROKE SCALE DENGAN SIRIRAJ STROKE SCORE DALAM PENENTUAN DIAGNOSIS STROKE (Pebriansyah, 2015)

GAMBARAN GEJALA DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PASCA STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (NABILA MAGHFIRA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy