//

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG DONOR DARAH PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reza Oktarama Putra - Personal Name
SubjectBLOOD TRANSFUSION - PHARMACOLOGY
ATTITUDE TOWARD BLOOD DONATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Ketidakseimbangan antara kebutuhan darah dengan jumlah ketersediaan darah membuat upaya peningkatan donor darah menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh berbagai negara di dunia. Donor darah merupakan upaya untuk memberikan sebagian darah yang dimiliki melalui tindakan penyadapan darah, dengan tujuan untuk memulihkan kesehatan orang lain. Rendahnya angka donor disebabkan oleh pengetahuan yang salah tentang donor darah. Pengetahuan yang salah tentang donor darah mempengaruhi sikap seseorang terhadap donor darah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan sikap tentang donor darah pada mahasiswa FK Unsyiah. Metode penelitian ini menggunakan studi analitik korelasi dengan desain potong lintang yang dilakukan pada tanggal 28 Februari sampai 7 Maret 2013. Sampel penelitian berjumlah 227 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Kategori pengetahuan dan sikap dinilai melalui skor yang diperoleh pada pengisian kuesioner. Hasil penelitian menggunakan uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan sikap responden tentang donor darah (p value 0,001; RP 3,42). Mahasiswa dengan pengetahuan baik berpeluang 3,42 kali lebih tinggi memiliki sikap positif terhadap donor darah daripada mahasiswa yang berpengetahuan buruk. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan tentang donor darah dan sikap terhadap donor darah. Kata Kunci: donor darah, pengetahuan tentang donor darah, sikap terhadap donor darah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SOLIDARITAS DAN DONOR DARAH (STUDI JEJARING KOMUNITAS DONOR DARAH DI ACEH) (Agus Nofrijal, 2019)

PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TENTANG DOKTER LAYANAN PRIMER (MUTHIA RANA ZAHRA, 2017)

PEMERIKSAAN HEMATOLOGI UNTUK MENENTUKAN STATUS PRESENT KAMBING KACANG (CAPRA SP.) PADA UPT HEWAN COBA FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Benny Andista, S.KH, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG BAHAYA ASAP ROKOK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nona Rajna, 2014)

PARASITEMIA DAN KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT PUTIH (MUS MUSCULUS) YANG DIINFEKSIKAN TRYPANOSOMA EVANSI (M. Ikhsan Rinaldi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy