HUBUNGAN OVERWEIGHT DENGAN OSTEARTRITIS DIPOLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUDZA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN OVERWEIGHT DENGAN OSTEARTRITIS DIPOLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUDZA BANDA ACEH


Pengarang

Topan Ardian - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1307101030016

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

616.722 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Osteoartritis (OA) merupakan penyakit sendi degeneratif dari golongan penyakit reumatik yang sering menjadi salah satu penyebab kecacatan di Indonesia. Kasus OA semakin meningkat seiring dengan peningkatan populasi pada usia tua dan overweight. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan overweight, usia dan jenis kelamin dengan OA di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan potong lintang analitik korelasional. Penelitian dilakukan pada bulan September-November 2012 di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin. Subyek penelitian ini adalah 124 orang pasien yaitu 62 pasien OA dan 62 pasien bukan OA. Analisis data yang digunakan adalah chi-square. Hasil penelitian mengenai hubungan overweight dengan OA (p value = 0,00, PR 2,19, 95% CI 1,38 sampai 3,46), hubungan usia dengan OA (p value = 0,02, PR 1,53, 95% CI 1,09 sampai 2,14), hubungan jenis kelamin dengan OA (p value = 0,01, PR 1,79, 95% CI 1,11 sampai 2,9). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara overweight, usia dan jenis kelamin dengan OA di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK