//

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS BAKTERI PENYEBAB SEPSIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuli Dwiharyani - Personal Name
SubjectBACTERIA-MEDICAL MICROBIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Sepsis ditandai dengan bakteremia merupakan keadaan klinis yang mengancam jiwa. Pengetahuan mengenai bakteri penyebab sepsis dan uji sensitivitas terhadap antibiotika dapat digunakan sebagai terapi empiris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kuman dan sensitivitas bakteri yang diisolasi dari darah penderita sepsis di RSUD dr. Zainoel Abidin, Banda Aceh. Jenis penelitian adalah deskriptif melalui observasi laboratorium. Bakteri diisolasi dari sampel darah penderita sepsis yang telah didiagnosis secara klinis. Uji sensitivitas terhadap berbagai antibiotika dilakukan dengan metode difusi cakram. Hasil yang didapatkan dari 145 spesimen yang dikultur, ditemukan pertumbuhan mikroorganisme pada 31 spesimen. Bakteri Gram negatif ditemukan sebanyak 19 isolat (61%) terdiri dari Pseudomonas aeruginosa, Eschericia coli, Acinetobacter sp., Kliebsella sp., dan Kliebsella pneumoniae. Bakteri Gram positif ditemukan sebanyak 12 isolat (39%) terdiri dari Staphylococcus aureus dan Staphylococcus sp. Hasil uji sensitivitas antibiotika bakteri Gram negatif menunjukkan bahwa bakteri yang diisolasi dari darah penderita sepsis memiliki tingkat sensitivitas dibawah 70% kecuali meropenem (88,89%) dan fosfomycin (83,33%). Sementara itu, Hasil uji sensitivitas antibiotika bakteri Gram positif yang ditemukan memiliki tingkat sensitivitas dibawah 80% kecuali vancomycin dan linezolid (83,83%). Hasil penelitian ini menunjukkan bakteri yang terisolasi dari darah penderita sepsis umumnya adalah Multi Drug Resistant Organisms (MDRO). Kata kunci: Sepsis, bakteremia, pola kuman, sensitivitas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA DAN SENSITIVITAS BAKTERI PENYEBAB INFEKSI LUKA OPERASI (ILO) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muhammad Sidiq, 2015)

IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIFITAS ANTIBIOTIK TERHADAP BAKTERI YANG DIISOLASI DARI DARAH PENDERITA SEPSIS DI NICU BLUD RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Emil Muzammil, 2015)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IDEBINA PASLIKO, 2013)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Idebina Pasliko, 2016)

INSIDENSI INFEKSI NOSOKOMIAL DARI VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP) DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JUNI-NOVEMBER 2012 (Dede Yusuf Fahma Razi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy