//

HUBUNGAN USIA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI KATARAK DI BLUD RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Anjla Harahap - Personal Name
SubjectANXIETY DISORDERS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kecemasan yang terjadi pada pasien sebelum operasi karena adanya gangguan integritas tubuh dan jiwa seseorang pada psikologis. Pikiran yang bermasalah secara langsung mempengaruhi fungsi tubuh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan usia dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi katarak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriftif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di RSUDZA Banda Aceh dari tanggal 19 November-31 Desember 2012. Dalam penelitian ini subjek berjumlah 64 orang dengan kriteria pasien katarak berusia > 16 tahun, bisa membaca dan menulis, bagi yang kurang atau tidak dapat melihat maka pengambilan data dilakukan dengan wawancara, serta pasien yang tidak mengkonsumsi kopi, alkohol bahkan NAPZA. Analisis data dilakukan secara bertahap meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi- square. Berdasarkan hasil uji statistik dengan chi- square menunjukkan nilai probabilitas p=0,004 (p16 years old, be able to reading and writing, for they were inadequacy or cannot see so taking data is done by interview, and patient who not consuming coffee, alcohol even NAPZA. Analysis data was conducted in stage include analysis univariate and bivariate analysis using chi-square test. Based on the test result with the chi-square statistic indicates a probability value p=0,004 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGUKURAN POWER INTRAOCULAR LENS (IOL) DENGAN MENGGUNAKAN BIOMETRI DITINJAU DARI TAJAM PENGLIHATAN PASIEN PASCA OPERASI KATARAK DI POLIKLINIK MATA BLUD RSUDZA BANDA ACEH (Widya Ningsih Harahap, 2015)

HUBUNGAN PENYULUHAN PREOPERATIF DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA 6-18 TAHUN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MIFTAHURRAHMI, 2016)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (zakiarrahman, 2016)

HUBUNGAN TINDAKAN SECTIO CEASAREA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA IBU HAMIL DI BLUD RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RINA ZULITA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy