//

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 7 – 12 BULAN DI POSYANDU PUSKESMAS SINGKILRNKABUPATEN ACEH SINGKIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anna Mirah Putri - Personal Name
SubjectBABY FOOD
MOTHERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Latar Belakang. Pemberian ASI pada bayi merupakan makanan terbaik yang diberikan untuk bayi dalam usia 6 bulan pertama, dan mulai usia 6 bulan bayi mendapat makanan pendamping ASI (MP-ASI). Fenomena yang terjadi dimasyarat adalah ibu lebih memilih memberikan MP-ASI dini (pada usia kurang dari 6 bulan) karena menganggap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Tujuan. Untuk mengetahui hubungan pemberian makanan pendamping ASI dengan status gizi bayi usia 7-12 bulan di Posyandu Puskesmas Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Metode. Penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional, dilakukan pada 73 responden pada tanggal 1-30 November 2012. Pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner dan melihat kartu menuju sehat (KMS). Hasil. Dari 73 responden hasil uji chi-square ada hubungan pemberian MP-ASI dengan status gizi bayi, nilai P value 0,001 (α ≤ 0,05), ada hubungan frekuensi pemberian MP-ASI dengan status gizi bayi, nilai P value 0,004 (α ≤ 0,05). Hasil uji Fisher Exact ada hubungan jenis MP-ASI dengan status gizi bayi, nilai P value 0,047 (α ≤ 0,05), tidak ada hubungan riwayat pemberian ASI dengan status gizi bayi, nilai P value 0,450 (α > 0,05). Hasil uji Mann Whitney ada hubungan status gizi bayi yang diberi ASI eksklusif selama 6 bulan dengan bayi yang mendapat MP-ASI dini dengan nilai P value 0,001 (α ≤ 0,05). Kesimpulan. Terdapat hubungan pemberian makanan pendamping ASI dengan status gizi bayi usia 7-12 bulan di Posyandu Puskesmas Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Kata kunci : ASI, MP-ASI, Status Gizi, Kartu Menuju Sehat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN JENIS PEMBERIAN MP-ASI DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (Yusra, 2014)

HUBUNGAN POLA PEMBERIAN ASI DAN MAKANAN PENDAMPING ASI TERHADAP STATUS GIZI BAYI USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKAMAKMUR ACEH BESAR (RAHAYU IRMAYANI, 2015)

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DENGAN STATUS GIZI BAYI (6-12 BULAN) DI DESA LAMLAGANG KECAMATAN BANDA RAYA BANDA ACEH TAHUN 2011 (Mifta Amalia, 2013)

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 7 –12 BULAN DI GAMPONG TEUMPOK TEUNGOH KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (Jauharah, 2015)

HUBUNGAN DEMOGRAFI IBU DAN KONSUMSI PROTEIN HEWANI SEBAGAI MP-ASI TERHADAP STATUS GIZI BAYI PADA USIA 6-24 BULAN DI KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA (DINI ANGGRAINI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy