//

HUBUNGAN PENGONTROLAN KADAR GULA DARAH DAN LAMA WAKTU MENDERITA DIABETES MELLITUS DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang eka rahmawati - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Diabetes Mellitus dapat mempengaruhi gangguan pendengaran, karena terjadi mikroangiopati pada telinga dalam, neuropati nervus vestibulokoklearis, ataupun kombinasi keduanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lama menderita diabetes mellitus terhadap derajat gangguan pendengaran. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Sampel yang diambil adalah penderita Diabetes Mellitus tipe 2 yang dilakukan pemeriksaan fisik THT dan pemeriksaan audiometri. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder dengan sampel berjumlah 36 orang. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat: chi-square untuk mendapat hubungan antarvariabel. Hasil uji statistik untuk hubungan pengontrolan kadar gula darah dengan gangguan pendengaran adalah p value = 0,124, untuk hubungan lama menderita diabetes dengan gangguan pendengaran adalah p value = 0,000. Hasil ini menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara pengontrolan kadar gula darah dengan gangguan pendengaran dan terdapat hubungan bermakna antara lama menderita DM dengan gangguan pendengaran Kata Kunci : pengontrolan kadar gula darah, lama menderita DM, derajat gangguan pendengaran, audiogram.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINDAKAN PATUH DALAM PENGENDALIAN DIABETES MELLITUS DENGAN KADAR GULA DARAHPADA LANSIA DI KECAMATAN SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM (Henni Oktavianis, 2020)

PROFIL RETINOPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (Uzi Mardha Phoenna, 2014)

HUBUNGAN HEMOSIDEROSIS DENGAN KEJADIAN DIABETES MELLITUS PADA PENDERITA THALASSEMIA DI INSTALASI SENTRALO THALASEMIA DAN HERMOFILIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Kiani Laras, 2015)

PENGARUH SENAM DIABETES DAN JALAN KAKI TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DM TIPE II DI PUSKESMAS KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (REHMAITAMALEM, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES PADA LANSIA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE II DI RSUZA BANDA ACEH (Rumaiza, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy