//

ANALISIS KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN INDUK DAN KABUPATEN PEMEKARANNYA DI PROPINSI SUMATERA BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yefirson - Personal Name
SubjectLOCAL FINANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kemampuan keuangan daerah dan untuk mengetahui apakah Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh terhadap Belanja Daerah serta untuk mendeteksi terjadinya flypaper effect. Objek penelitian ini adalah kabupaten induk dan kabupaten pemekarannya di Propinsi Sumatera Barat berdasarkan UU Nomor 38/2003. Data yang digunakan adalah data sekunder periode 2006-2013.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Indeks Kinerja Keuangan (IKK) dan uji beda-t. Estimasi dilakukan dengan regresi panel menggunakan program Eviews. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata IKK kabupaten induk sebesar 32,44 dan rata-rata IKK kabupaten pemekarannya sebesar 35,20. Hasil uji beda-t menunjukkan tidak ada perbedaan IKK kabupaten induk dan IKK kabupaten pemekarannya. Hasil regresi menunjukkan bahwa Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Daerah baik pada kabupaten induk maupun pada kabupaten pemekarannya. Tidak terjadi flypaper effect pada kabupaten induk dan pemekarannya. Diharapkan pemerintah daerah untuk mengelola pendapatan asli daerah sesuai aspek ekonomi yang dominan dan lebih baik dalam pengelolaan keuangan daerah. Kata kunci : Indeks Kinerja Keuangan (IKK), Dana Alokasi Umum (DAU), Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Daerah, flypaper effect.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA EKONOMI DAERAH PEMEKARAN DENGAN DAERAH INDUK DI ACEH (FERAWATI, 2015)

ANALISIS KONDISI KEUANGAN DAERAH KABUPATEN/KOTA DI ACEH DAN DI SUMATERA UTARA (SURYANI, 2016)

PENGARUH KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH, DIFERENSIASI FUNGSIONAL DAN SPESIALISASI FUNGSIONAL TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Riska Nanda, 2016)

ANALISIS KETIMPANGAN WILAYAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI ANTARA KABUPATEN INDUK DAN PEMEKARANNYA DI PROVINSI ACEH (SULASMI, 2020)

PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH, AKUNTABILITAS, DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH PADA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Fifit Purnama, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy