//

ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS PENYEBERANGAN PADA RUAS JALAN DIPONEGORO PASAR ATJEH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Rahmat - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada umumnya di daerah pusat perekonomian atau perbelanjaan (Central Business Distric, CBD) pertumbuhan pejalan kaki dan arus transportasi kendaraan bermotor semakin meningkat, sehingga perlu diperhatian secara khusus terhadap prasarana yang dibutuhkan demi kenyamanan dan keamanan pengguna. Lokasi penelitian dilaksanakan di Jalan Diponegoro, Pasar Atjeh, Kota Banda Aceh yang terletak antara pasar Atjeh lama dengan pasar Atjeh Baru dengan jarak pengamatan 50 meter. Lokasi tersebut merupakan salah satu pusat perbelanjaan dan pertokoan di Kota Banda Aceh yang sebagian besar aktifitas dilakukan dengan berjalan kaki. Selain itu Jalan Diponegoro merupakan jalur akses dengan volume lalu lintas yang tinggi. Kondisi seperti ini berdampak pada menurunnya tingkat kenyamanan dan keamanan bagi pejalan kaki saat menyeberang, karena tidak tersedianya prasarana penyeberangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan prasarana penyeberangan yang aman bagi pejalan kaki. Data yang diamati berupa volume penyeberang jalan, volume lalu lintas, waktu tempuh kendaraan dan time headway. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif berdasarkan uraian-uraian deskriptif sehingga didapatkan karakteriktik pejalan kaki. Hasil pengolahan data diperoleh besarnya konflik antara pejalan kaki yang menyeberang dengan kendaraan bermotor yang melintasi titik penyeberangan yaitu sebesar 4,06 x 108, dengan volume penyeberang jalan tertinggi rata-rata sebesar 186 ped/jam dan volume kendaraan 1477 kend/jam. Dari hasil pengolahan data, didapat kecepatan lalu lintas rata-rata sebesar 39,29 km/jam dengan time headway rata-rata sebesar 2,3 detik – 2,9 detik, sehingga dijalan tersebut dapat direkomendasikan fasilitas yang dibutuhkkan oleh penyeberang jalan berupa Pelican crossing dengan pelindung

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR RODA EMPAT DI PASAR ATJEH BARU KOTA BANDA ACEH (Betta Justi Randa, 2017)

EVALUASI KINERJA JALAN PADA PUSAT PERBELANJAAN RNPASAR ACEH KOTA BANDA ACEH (Henny Irawaty, 2014)

PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS DI JALAN DIPONEGORO PASAR ACEH (DARA AULIA ULFA, 2018)

EVALUASI TINGKAT PELAYANAN JALUR PEDESTRIAN JALAN DIPONEGORO, PASAR ATJEH, KOTA BANDA ACEH (Zulfahmi, 2014)

ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT PENGARUH HAMBATAN SAMPING DI JALAN DIPONEGORO KOTA BANDA ACEH (Caesar Dinata R, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy