//

OPTIMALISASI BIAYA PEKERJAAN RANGKA STRUKTURAL DAN DINDING PENGISI MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulana Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pasca bencana tsunami di tanggal 26 Desember 2004 yang menimpa Aceh, telah banyak diterapkan teknologi dan penemuan baru tentang konstruksi yang aman terhadap gempa di Provinsi Aceh. Salah satunya adalah penggunaan batu bata gajah sebagai material dalam mendirikan suatu bangunan. Batu bata gajah terbuat dari campuran tanah dan semen yang dipadatkan. Batu bata gajah memiliki kekuatan tekan 2,6 Mpa atau setara dengan 7800 kg/blok dan sistem saling kunci (interlocking) sehingga dapat difungsikan sebagai bagian struktural bangunan bahkan untuk bangunan 2 atau 3 lantai. Penggunaan batu bata gajah sebagai struktural mengakibatkan tidak perlu adanya pengeluaran biaya untuk material beton bertulang serta bekisting. Akan tetapi belum diketahui dengan pasti bahwa penggunaan batu bata gajah dapat menghasilak biaya yang lebih optimal dibandingkan dengan penggunaan batu bata merah dan struktural beton bertulang. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan solusi yang memberikan biaya teroptimal, yaitu dengan menghemat biaya tanpa mengurangi fungsi dasar antara dua alternatif. Alternatif pertama meliputi pekerjaan stuktural beton bertulang dengan dinding pasangan bata merah. Sedangkan alternatif kedua merupakan pekerjaan pasangan batu bata gajah sebagai dinding pengisi sekaligus struktural rumah. Metode yang digunakan untuk menganalisis optimalisasi biaya ini adalah rekayasa nilai (value engineering). Rekayasa nilai dilakukan dengan melakukan per-bandingan antara desain awal dengan desain alternatif dari desain rumah sederhana tipe 40 sebagai model penelitian. Hasil penelitian menunjukkan desain alternatif yang berupa pasangan batu bata gajah menghasilkan biaya yang lebih optimal dari desain awal. Jumlah penghematan biaya mencapai Rp. 53.890.458,- atau sebesar 56,30%. Kata kunci : biaya,optimalisasi, batu bata merah, batu bata gajah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMALISASI BIAYA PEKERJAAN RANGKA STRUKTURAL DAN DINDING PENGISI MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI (Maulana Rizki, 2015)

ESTIMASI BIAYA PEKERJAAN NON STRUKTURAL PADA BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH (MUHAMMAD RIZKI, 2020)

PERBANDINGAN BIAYA PEMBANGUNAN RUMAH MENGGUNAKAN DINDING INTERLOCKING BRICK DAN DINDING BATU BATA MERAH (Aris Munandar, 2017)

EFISIENSI BIAYA PEKERJAAN DINDING MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUANG BELAJAR STIKES MEDIKA NURUL ISLAM SIGLI (Haris, 2016)

DESAIN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) RUMAH TIPE 70 MENGGUNAKAN BATA INTERLOCK (NAUFAL RIZKYYANDA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy