//

EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN TEUKU NYAK ARIEF – TGK. SYECH ABDUR RAUF DARUSSALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Masrullah Wahab - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pada beberapa titik persimpangan di Kota Banda Aceh, simpang diatur dengan beberapa pelayanan diantaranya dengan simpang tak bersinyal maupun bersinyal. Namun ada beberapa lokasi persimpangan yang harus dievaluasi pada periode tertentu mengingat angka pertumbuhan kendaraan bermotor yang terus bertambah yang merupakan bagian dari manajemen pengendalian arus lalulintas. Simpang pada Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tgk. Syech Abdur Rauf Darussalam Banda Aceh yang merupakan persimpangan tak bersinyal. Pada simpang ini kemacetan terjadi pada jam-jam sibuk pagi siang dan sore hari. Kemacetan juga terjadi pada hari wisuda, acara pameran dan lainnya yang diselenggarakan di Gedung AAC Dayan Dawood. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kinerja simpang tak bersinyal Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tgk. Syech Abdur Rauf Darussalam. Evaluasi dilakukan dengan menghitung kinerja simpang (kapasitas, derajat kejenuhan, dan tundaan) dengan kondisi eksisting (tanpa sinyal) dan prediksi pertumbuhan kendaraan pada tahun 2019. Pengambilan data dilakukan pada hari Senin, Selasa dan Kamis masing-masing selama jam puncak pagi yaitu jam 07.00-09.00, jam puncak siang yaitu jam 12.00-14.00, dan jam puncak sore yaitu jam 17.00-19.00. Data volume lalulintas yang didapat dikumpulkan kemudian dikonversikan kedalam smp/jam, yaitu dengan mengalikan volume lalu lintas dalam kend/jam dengan emp (LV:1,0; HV:1,3; MC:0,5) yang berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia disingkat MKJI (Anonim, 1997). Hasil perhitungan pada kondisi eksisting simpang tak bersinyal diperoleh volume 3747 smp/jam, kapasitas 4434 smp/jam, tundaan 14,005 det/smp, peluang antrian 28,700%- 56,760%, dan derajat kejenuhan 0,845. Memenuhi syarat (DS < 0,85) maka simpang ini dinyatakan dalam kondisi baik. Hasil perhitungan untuk Tahun 2019 diperoleh volume 3957 smp/jam, kapasitas 4434 smp/jam, tundaan 15,180 det/smp, antrian 31,950% - 63,038%, dan derajat kejenuhan melewati batas jenuh 0,892. Kata kunci: simpang tak bersinyal, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN LINTAS BAWAH(UNDERPASS) SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (CUT SABRINA UTAMI, 2017)

EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL GELANGGANG UNSYIAH AKIBAT PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS (Marwah Akbar, 2020)

ANALISIS JALUR KHUSUS RODA DUA PADA RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SIMPANG BERSINYAL JAMBOTAPE (Yeni Anggraini AY, 2019)

IMPLEMENTASI TEKNIK STEGANOGRAPHY PADA APLIKASI NAPAK TILAS SYECH ABDUL RAUF AL SINGKILIRNIMPLEMENTASI TEKNIK STEGANOGRAPHY PADA APLIKASI NAPAK TILAS SYECH ABDUL RAUF AL SINGKILIRNRNIMPLEMENTASI TEKNIK STEGANOGRAPHY PADA APLIKASI NAPAK TILAS SYECH ABDUL RAUF AL SINGKILIRNRNIMPLEMENTASI TEKNIK STEGANOGRAPHY PADA APLIKASI NAPAK TILAS SYECH ABDUL RAUF AL SINGKILI (Ely Rahmi, 2014)

PERHITUNGAN KINERJA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF TUNGKOP BERDASARKAN DERAJAT KEJENUHAN DAN KECEPATAN (STUDI KASUS KAWASAN KOMPLEK SEKOLAH TUNGKOP) (RAHMAT AWALUDDIN ISNIN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy