//

PERANCANGAN TURBIN ANGIN 1 KILOWATT UNTUK PENERANGAN PADA TEMPAT PENGOLAHAN IKAN RNDI KUALA LANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jamaluddin - Personal Name
SubjectTURBINES
MACHINE ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kebutuhan energi listrik yang semakin meningkat disebabkan oleh petumbuhan ekonomi, petambahan penduduk atau pola konsumsi energi tersebut meningkat, akan tetapi energi yang biasanya dijadikan untuk menghasilkan energi listrik yaitu energi fosil, sedang bahan fosil semakin berkurang jumlah nya waktu kewaktu. Maka dengan krisis energi ini Negara diseluruh dunia berpemacu untuk mencari energi terbarukan.Salah satu energi terbarukan yang berpotensi adalah energi angin. Energi kinetik angin dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin. Salah satu jenis turbin angin adalah turbin angin propeler. Pada saat sekarang turbin angin propeller sangat banyak digunakan untuk pembangkit listrik diseluruh dunia. Tujuan utama perancangan ini adalah untuk mendesain gambar kerja sebelum alat di produksi. Dalam merancang alat perlu diketahui diameter rotor, daya input, daya output, dan pengaruh kekasaran permukaan. Tujuan lain memamfaatkan potensi angin yang ada di lokasi dan untuk penerangan pada tempat pengolahan ikan di Kuala Langsa. Perancangan ini diawali dengan mencari refrensi teori yang berhubungan langsung dengan turbin angin propeller sehingga desain alat dapat dibuat. Hasil perancangan dengan jumlah 3 blade ,pada ketinggian tiang 10 meter, generator 1000 watt dan putaran generator 440 rpm. hasil dari perhitungan, maka diameter rotor 2,8 meter, daya input 1852 watt, daya output 1000,48 watt dan kecepatan terhadap ketinggian 8,24 m/s, TSR 8,06, kecepatan sudut 46,06, Torsi 40,19 Nm atau 0,40 %, pada kecepatan 8 m/s. Kata Kunci : Turbin Propeller, Perencanaan Rotor, Kecepatan Angin

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN PADA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) (Diana, 2016)

ANALISA PERFORMA TURBIN ANGIN JENIS SUMBU VERTIKAL (Imam Suryadi, 2015)

PERANCANGAN ALTERNATOR KECEPATAN RENDAH YANG DI PAKAI PADA TURBIN ANGIN TIPE HORIZONTAL MULTI BLADE DI PANTAI ALUE NAGA , ACEH BESAR (Analdi Muttaqin, 2013)

PEMBUATAN TURBIN ANGIN POROS VERTIKAL UNTUK PENGGERAK GENERATOR (Redha Zulfata, 2015)

STUDI EKSPERIMENTAL TURBIN ANGIN ARCHIMEDES SPIRAL DENGAN VARIASI JUMLAH BLADE (Riza Mirza, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy