//

ANALISA PERBANDINGAN PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA MENGGUNAKAN SOFTWARE WINEST TERHADAP PERHITUNGAN MANUAL (STUDI KASUS PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN KEUDE KEUMALA KABUPATEN PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULFAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perencanaan anggaran biaya suatu proyek konstruksi sangat diperlukan, agar proyek yang akan dikerjakan tidak boros dan sesuai dengan dana yang tersedia. Mengerjakan perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) secara manual memiliki dua kekurangan utama, yaitu lamban dan memiliki resiko kesalahan yang tinggi. Penggunaan komputer juga sudah lazim digunakan yang dilengkapi dengan berbagai jenis software pendukung untuk mempercepat dan mempermudah dalam menghitung RAB seperti software microsoft excel. Seiring perkembangan teknologi, telah ada software yang dikhususkan untuk menghitung RAB proyek konstruksi yaitu software WinEst pro 15.2. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah bagaimana memanfaatkan alat bantu tersebut dalam menghitungan RAB pada proyek konstruksi, serta bagaimana menerapkan prinsipprinsip RAB pada sistem software ini. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menerapkan hasil RAB ke software WinEst pro 15.2, yang nantinya akan dibandingkan dengan perhitungan menggunakan software microsoft excel yang telah ada. Penelitian ini diaplikasikan pada proyek konstruksi Pembangunan Jembatan Keude Keumala Kabupaten Pidie yang akan dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pengumpulan data berupa gambar dan RAB, daftar harga satuan bahan, upah dan sewa alat. Selanjutnya tahap pengolahan data yang akan dilakukan dengan cara menginput ke dalam database software tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan dengan software Winest Pro 15.2, didapat total biaya pekerjaan untuk tahap 1 sebesar Rp.5,273.672.903,00 (lima milyar dua ratus tujuh puluh tiga juta enam ratus tujuh puluh dua ribu sembilan ratus tiga) dan untuk tahap 2 sebesar Rp. 14.991.709.186,00 (empat belas milyar sembilan ratus sembilan puluh satu juta tujuh ratus sembilan ribu seratus delapan puluh enam). Total biaya yang dihasilkan oleh perhitungan menggunakan software microsoft excel untuk tahap 1 adalah sebesar Rp. 5.273.672.903,00 (lima milyar dua ratus tujuh puluh tiga juta enam ratus tujuh puluh dua ribu sembilan ratus tiga) dan untuk tahap 2 sebesar Rp. 14.991.709.185,64 (empat belas milyar sembilan ratus sembilan puluh satu juta tujuh ratus sembilan ribu seratus delapan puluh lima koma enam puluh empat). Perbedaan dari perhitunga RAB yang dihasilkan dengan software Winest Pro 15.2 dan software Excel yaitu Rp.0,36 dan itupun hanya terjadi ditahap 2 tahun anggaran 2014. Perbedaan ini dikarenakan software Winest Pro 15.2 membulatkan setiap digit decimal pada setiap hasil perhitungan yang dilakukan. Kata kunci : Anggaran biaya, software WinEst pro 15.2, konstruksi jembatan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PERBANDINGAN PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA MENGGUNAKAN SOFTWARE WINEST TERHADAP PERHITUNGAN MANUAL (STUDI KASUS PEMBUATAN JARINGAN IRIGASI MEUDANG ARA KECAMATAN SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA) (Said Fachreza, 2015)

APLIKASI PENGGUNAAN SOFTWARE WINEST PRO 15.2 DALAM MENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA (STUDI KASUS GEDUNG SIMULASI PENGADILAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Helmi Zulmar, 2016)

APLIKASI PENGGUNAAN SOFTWARE WINEST DALAM MENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA (STUDI KASUS PROYEK PENINGKATAN JALAN HASAN AMIN PULO - CALOG KECAMATAN SYAMTALIRA, ACEH UTARA) (Cut Meurah Bidari, 2016)

PENGEMBANGAN SISTEM PENGENDALIAN WAKTU DAN BIAYA PROYEK KONSTRUKSI BERBASISKAN KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN EARNED VALUE CONCEPT (Ezza Heryati Taslim, 2013)

RENCANA ANGGARAN PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DEWAN SUMBER DAYA AIR DAN UPTD-I (TAHAP II) OTSUS ACEH. (Muhammad Rizki, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy