//

STUDI PERBANDINGAN PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA MENGGUNAKAN SOFTWARE WINEST TERHADAP PERHITUNGAN MANUAL (STUDI KASUS PEMBUATAN JARINGAN IRIGASI MEUDANG ARA KECAMATAN SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Said Fachreza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dalam melaksanakan proyek konstruksi, salah satu hal yang harus dilakukan adalah melakukan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB), yang mana harus sangat diperhatikan dalam perhitungannya. Oleh karena itu perlu dilakukan dengan ketelitian sehingga memakan waktu yang lama untuk mengerjakannya. Dalam perkembangan teknologi saat ini, penggunaan komputer dengan berbagai jenis software pendukung yang berkaitan dengan bidang teknik sipil menjadi kebutuhan penting untuk mempermudah pekerjaan. Salah satu software terbaru untuk meringankan pekerjaan dalam perhitungan RAB adalah software Winest Pro 15.2. Software Winest Pro 15.2 ini ditujukan untuk mempermudah dalam pekerjaan estimasi biaya konstruksi. Hal yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah bagaimana cara memanfaatkan software ini karena penggunaannya masih jarang dan juga masih belum menjadi salah satu acuan bagi dunia konstruksi khususnya di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menerapkan penggunaan software tersebut dalam menghitung anggaran biaya sebagai pengganti perhitungan manual yang dikerjakan dengan menggunakan software Microsoft Excel serta perbandingan hasil dari kedua software tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pengumpulan data berupa data gambar dan RAB pada Proyek Pembuatan Jaringan Irigasi Meudang Ara Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara, serta pengumpulan daftar harga satuan bahan, upah dan peralatan yang digunakan. Selanjutnya tahap pengolahan data yang dilakukan menggunakan komputer yang memiliki software Winest Pro 15.2. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, didapat total rencana anggaran biaya Proyek Pembuatan Jaringan Irigasi Meudang Ara Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara sebesar Rp.13.607.607.482,00 dan perbedaan dari hasil perhitungan menggunakan perhitungan manual sebesar Rp.1,00, dengan total biaya Rp.13.607.607.481,00. Biaya pekerja sebesar Rp.3.433.212.861,00. Biaya untuk material senilai Rp.5.427.609.103,00. Biaya peralatan sebesar Rp. 1.802.828.826,00 dan biaya lain-lain sebesar Rp. 204.662.260,00. Pada tampilan rekap perhitungan manual tidak dapat dilihat besar biaya penggunaan material, pekerja dan alat berat seperti yang ditampilkan oleh software tersebut. Hal ini dikarenakan software Excel yang digunakan pada perhitungan manual tidak didukung oleh sistem filterisasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI PENGGUNAAN SOFTWARE WINEST DALAM MENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA (STUDI KASUS PROYEK PENINGKATAN JALAN HASAN AMIN PULO - CALOG KECAMATAN SYAMTALIRA, ACEH UTARA) (Cut Meurah Bidari, 2016)

APLIKASI PENGGUNAAN SOFTWARE WINEST PRO 15.2 DALAM MENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA (STUDI KASUS GEDUNG SIMULASI PENGADILAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Helmi Zulmar, 2016)

ANALISA PERBANDINGAN PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA MENGGUNAKAN SOFTWARE WINEST TERHADAP PERHITUNGAN MANUAL (STUDI KASUS PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN KEUDE KEUMALA KABUPATEN PIDIE) (ZULFAN, 2015)

PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE JOB ORDER COSTING PADA MEUDANG PERKASA FURNITURE (M IRZAM MULYANDA, 2019)

EVALUASI KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA SD NEGERI 6 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (YUSRIMUDDIN, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy