//

PENGUJIAN TURBIN PROPELLER DENGAN HEAD RENDAHRNDI DESA LHOK SANDENG KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Munadil Haq - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGUJIAN KARAKTERISTIK TURBIN PROPELLER DENGAN HEAD RENDAH DI DESA LHOK SANDENG KABUPATEN PIDIE JAYA Munadil Haq, Darwin Harun Jurusan Teknik Mesin, Universitas Syiah Kuala Jl. Tgk. Syeh Abdurrauf No. 7 Darussalam – Banda Aceh 23111, INDONESIA e-mail: munadilhaq90@gmail.com Abstrak Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) mempunyai kelebihan dalam hal biaya operasi yang rendah jika dibandingkan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), karena mikrohidro memanfaatkan energi sumber daya alam yang dapat diperbarui, yaitu sumber daya air. Dalam pengujian turbin propeller di Desa Lhok Sandeng ini, meliputi pengaruh sudut sudu terhadap daya, pengaruh sudut sudu terhadap putaran turbin, dan pengaruh sudut sudu terhadap efisiensi turbin. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengukuran tersebut, maka didapatkan Head efektif (Heff) sebesar 3,4 m. Sedangkan Head bersih berkisar 3 m. Penelitian ini memvariasikan debit air dari 0,14 m3/s, 0,12 m3/s dan 0,10 m3/s. Debit andalan sungai yang digunakan untuk pengujian turbin propeller Desa Lhok Sandeng sebesar 0,14 m3/s. Berdasarkan data penelitian diperoleh bahwa pemasangan turbin propeller dengan sudut sudu turbin (runner) sebesar 300 dapat memberikan efesiensi yang lebih besar pada turbin propeller head rendah. Pada penelitian ini terjadi peningkatan putaran pada poros turbin, peningkatan putaran poros paling baik terjadi pada pengujian dengan menggunakan sudut sudu pengarah aliran yaitu 300. Dengan memperbesar diameter sudu pengarah aliran (guide vane), maka daya turbin akan naik sampai 2,41 kW pada sudut sudu 300. Kata kunci: Turbin Propeller, Sudut Sudu, Debit, tinggi jatuh efektif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI AWAL TURBIN ARCHIMEDES SCREW SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK HEAD RENDAH (Ashhabul Yamin, 2016)

ANALISIS TEKNIS PERHITUNGAN EFISIENSI DAYA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO DENGAN MEMANFAATKAN TEKANAN AIR KELUARAN POMPA DISTRIBUSI DI PDAM TIRTA DAROY BANDA ACEH (AULIA ZULMY, 2015)

PENGARUH DEBIT ALIRAN TERHADAP KINERJA TURBIN ULIR ARCHIMEDES 2 BLADE (RIZKY KURNIAWAN, 2018)

ANALISIS KELAYAKAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI TEMBAKAU DI DESA MEURANDEH ALUE KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (Bustami, 2014)

PERANCANGAN TURBIN ANGIN 1 KILOWATT UNTUK PENERANGAN PADA TEMPAT PENGOLAHAN IKAN RNDI KUALA LANGSA (Jamaluddin, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy