//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS VIII-4 SMP NEGERI 1 MANYAK PAYED KABUPATEN ACEH TAMIANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang rusni - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
EXAMPLES NON EXAMPLES TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Example Non Example, Prestasi Belajar Penelitianyangberjudul“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 1 ManyakPayedKabupaten Aceh Tamiang”. TujuanpenilitianiniadalahUntukmengetahuiPenerapanmodel pembelajarankooperatiftipe Example Non Example dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswakelas VIII4 SMP Negeri 1 ManyakPayed Aceh Tamiang dan Aktivitas guru dalamproses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajarankooperatiftipe Example Non Example padasiswakelas VIII4 SMP Negeri 1 ManyakPayed Aceh Tamiang,Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif, dengan objek penelitian guru dansiswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 ManyakPayed, pengumpulan data dilakukanmelaluiteknikdengantesdandokumen. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa: Hasil pembelajaran siswa pada pelajaran IPS SMP Negeri 1ManyakPayedmelalui model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Examplesudah mencapai ketuntasan secara klasikal, Aktivitas guru dan siswa telah mencerminkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example. Hal ini dapat dilihatdarisemakinmeningkatnyaketuntasanbelajarsiswa. Yaitu meningkat dari siklus I, siklus II dan siklus III, yaitu pada siklus I ada 18 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 58 %, pada siklus II ada 22 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 71%, dan pada siklus III ada 28 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Aktivitas kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Exampledalam setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu dari kategori rendah menjadi kategori tinggi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SDN 1 TAPAKTUAN (AYU AFRIANA, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE DEMONSTRATION DENGAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG (Lina Tusyifa, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE. (Nana Risna, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS VIII-4 SMP NEGERI 1 MANYAK PAYED KABUPATEN ACEH TAMIANG (rusni, 2013)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE PADA KONSEP CAHAYA SISWA KELAS VIII SMP 4 BANDA ACEH (ULFA MAULI HAZIRNI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy