//

PERENCANAAN KINCIR ANGIN BERSUDU BANYAK RNSUMBU HORIZONTAL SEBAGAI PENGGERAK RNPOMPA TORAK UNTUK SISTEM DESALINASI RNAIR LAUT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farizal - Personal Name

Abstrak/Catatan

PERENCANAAN KINCIR ANGIN BERSUDU BANYAK SUMBU HORIZONTAL SEBAGAI PENGGERAK POMPA TORAK UNTUK SISTEM DESALINASI AIR LAUT Farizal 0804102010049 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala Jln. Tgk Syech Abdurrauf No.07 Darussalam-Banda Aceh 23111, Indonesia Abstrak Krisis energi dan lingkungan akhir-akhir ini menjadi isu global.Pembakaran BBM dan batubara menyebabkan pencemaran lingkungan dan CO 2 yang mengakibatkan pemanasan global. Pemanasan global dapat ditandai dengan perubahan iklim, kekeringan, banjir, dan efek lainnya. Pemanfaatan sumber energi terbarukan menjadi solusi di masa mendatang untuk pemenuhan kebutuhan energi yang ramah lingkungan. Salah satu sumber energi terbarukan yang sangat berpotensi di negara kita adalah pemanfaatan energi angin pantai. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu rancangan kincir angin bersudu banyak tipe sumbu horizontal sebagai penggerak pompa air yang direncanakan dapat memenuhi kebutuhan air baku sistem desalinasi air laut untuk menanggulangi krisis air bersih penduduk Pulo Pusong Langsa, Perancangan dilakukan untuk mengetahui dimensi, daya dan torsi. Penelitian potensi angin dilakukan di Pantai Pulo Pusong Kota Langsa. Hasil pengukuran angin dilokasi didapatkan kecepatan angin maksimum 11 m/s, kecepatan minimum 0,8 m/s dan kecepatan angin rata-rata harian 6 m/s. Parameter perancangan dilakukan pada kecepatan angin 5 m/s, kondisi pemompaan asumsi Head Total 5 m, kapasitas pompa 3239 liter/jam, ketinggian menara 4 m, Coefisient of Power (CP) yang diambil 0,6, Sudut sudu 60 0 , Jumlah Sudu 18, efisiensi gearbox 90 %. Spesifikasi kincir angin yang didapatkan adalah diameter rotor 2,24 m, Daya Kincir sebesar 177 ,3 Watt, Daya Hidrolik 176,4 Watt dan Torsi 24,39 N.m. Kata kunci : Sumber energi terbarukan, Energi angin pantai, Daya, Sudu banyak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PENGARUH JUMLAH SUDU KINCIR ANGIN SUMBU HORIZONTAL TERHADAP PUTARAN POROS (Ikhsan Fahriza, 2018)

UJI PERFORMA KINCIR ANGIN DARRIEUS-H PENGGERAK GENERATOR MENGGUNAKAN VARIASI SUDU (Teuku Muhammad Jaka Anwar, 2018)

ANALISIS PENGARUH KECEPATAN ANGIN TERHADAP PERFORMANSI KINCIR ANGIN SAVONIUS 4 BLADE MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD) (Indra Rismawan, 2019)

UJI PERFORMA KINCIR ANGIN DARRIEUS-H DENGAN BAHAN SUDU DARI KAYU (Fariza Amri, 2017)

PENGUJIAN UNJUK KERJA KINCIR ANGIN DENGAN VARIASI JUMLAH SUDU DI ALUNAGA (doli ihsan harahap, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy